Thursday 27 January 2011

Thursday, January 27, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Tengkorak Manusia Zaman Belanda Ditemukan di Bawah Tanah Gereja Kristen Baptis Jakarta (GKBJ) Sawah Besar.
JAKARTA - Tulang diduga milik manusia ditemukan di bawah tanah Gereja Kristen Baptis Jakarta di Jalan KH Samanhudi 22 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Januari 2011. Tulang ini ditemukan para pekerja bangunan yang sedang menggali tanah dalam rangka renovasi.

Penemuan tulang ini ketika Bandi, 30 tahun salah satu pekerja pukul 09.00 WIB, sedang mencangkul untuk pemasangan tiang pancang. Namun tiba-tiba cangkul miliknya di antara tanah dan batuan.

Bandi semula menyangka hanya pipa biasa. Makanya dia terus saja mencangkul berkali-kali hingga benda "asing" itu pecah. Bandi terkejut karena benda asing ternyata tempurung kepala manusia.

Tidak lama berselang, rekan sesama penggali menemukan benda seperti tulang kaki dan tangan manusia tidak jauh dari penemuan tempurung kepala manusia. "Saya juga sempat menemukan benda seperti gigi," ujar penggali lainnya, Santoso, 28 tahun.

Usai penemuan ini, suasana lokasi pun ramai oleh para pekerja lain dan warga sekitar. Kasus ini lalu dilaporkan ke Polsek Sawah Besar, Jakarta Pusat.

"Pecahan itu tulang manusia. Tapi untuk memastikannya, pecahan tulang itu kami bawa ke RSCM untuk diteliti" ujar Kapolsek Sawah Basar, Komisaris Polisi Lutfi Sulistyawan.

Menurut Lutfi, lokasi penemuan tulang manusia berada di bawah bangunan gereja tua GKBJ yang berdiri sejak tahun 1952. "Mungkin tulang itu dari zaman Belanda" tambah Luthfi.

Sumber: Vivanews