Saturday 26 February 2011

Saturday, February 26, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 13 Sinode Gereja Gelar Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Sinode AM Gereja-gereja (SAG) Sulutteng.
AIRMANDIDI (SULUT) - Sebanyak 13 gereja-gereja yang tergabung dalam Sinode AM menggelar sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Sinode AM Gereja-gereja (SAG) Sulutteng di pulau Bangka Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Sidang yang berlangsung selama tiga hari itu dibuka Wagub Sulut Drs Djouari Kansil MPd, di jemaat GMPU “Eben Haezer” Desa Lihunu, Sabtu (29/01).

Kansil mengatakan, mencermati berbagai persoalan social yang sedang dihadapi bangsa dan Negara dewasa ini hendakla gereja dapat mengambil peran didalamnya dengan mengeluarkan sikap kristis sebagai suatu seruan, himbauan ataupun saran bagi pemerintah dan masyarakat. Hal ini penting, mengingat perilaku KKN, Traffiking, lemahnya supremasi hukum, kerusakan lingkungan hidup, narkoba dan HIV/AIDS masih terus mewarnai jatih diri bangsa ini, ujar Pnt Kansil.

Karena itu melalui sidang MPL SAG kali ini diharapkan mampu menghasilkan berbagai rumusan-rumusan penting bagi kemajuan penatalayanan gereja-gereja ini kedepan. Berkaitan dengan akan dilaksanakan pemilihan pucuk pimpinan baru dalam sidangi Sinode AMini, maka Kansil berharap kiranya dipilih orang yang rendah hati, mampu bekerjasama baik secara internal maupun eksternal serta mampu mengharggai/menghormati pendapat orang lain.

Sementara Ketua MPHS GMPU Pdt R.J. Teleng, STh selaku tuan rumah pelaksana hajatan religius ini, menyebutkan dipilihnya pulau Bangka sebagai tempat pelaksanaan sidang merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Biasanya sidang-sidang seperti ini sering dilaksanakan di ibu kota, namun kali ini sengaja saya pilih pulau Bangka agar peserta bisa naik perahu, katanya.

Pdt.Peleng menambahkan dalam pembukaan sidang tersebut Wagub telah meresmikan pastori jemaat GMPU Eben Haezer yang ditandai dengan penanda tanganan prasasti serta menyerahkan bantuan bibit rica bagi masyarakat pulau Bangka. 13 gereja-gereja anggota SAG Sulutteng yakni GMIM, GMIBM, GMIST, GKST, GPIBT, GPIG, GKLB, GPID, KGPM, GPIBK, GMPU, GERMITA dan KGMPI.

Sumber: Humas Prov Sulut