Monday 7 February 2011

Monday, February 07, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Enam Agama Rayakan Pekan Kerukunan Umat Beragama di Istora Senayan.
JAKARTA - Beberapa tokoh agama berkumpul merayakan pekan kerukunan umat beragama di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (6/2) pagi ini. Acara bertajuk The World Interfaith Harmony Week ini digelar oleh Inter Religious Council (IRC) Indonesia.

Acara yang dibuka dengan penampilan barongsai tersebut dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan pantauan mediaindonesia.com, di lapangan terlihat ratusan massa dari beberapa perkumpulan umat beragama, seperti Muhammadiyah, Parisada Hindu Darma Indonesia (PDHI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKINI), NU, Walubi dan MUI.

Selain para tokoh agama, acara ini juga dihadiri oleh ketua MPR Taufik Kemas, Ketua DPR Marzuki Ali dan Ketua DPD Irman Gusman.

Menurut Ketua Presidium IRC, Din Syamsuddin, acara ini bertujuan untuk mengampanyekan pentingnya kesadaran kehidupan antarumat agama yang harmonis.

"Mudah-mudahan acara ini bisa memberi pesan, marilah sebagai bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai macam agama, kita tetap menjalin persatuan dan kesatuan dalam bangsa yang besar," kata Din Syamsudin dalam sambutannya.

Acara ini merupakan agenda resmi PBB. Mulai 2011, PBB mengimbau seluruh umat beragama di dunia untuk merayakan secara rutin tiap tahun pada pekan pertama Februari yakni Pekan Kerukunan Antar-Umat Beragama di Dunia.

Acara yang digelar di Istora Jakarta ini diisi oleh penampilan drum band, tarian daerah, Dwiki Orchestra Music Transition, dan beberapa artis seperti Iis Dahlia, Rossa, Edo Kondologit, Kristina, Cici Faramida, Delon, dan Debu.

Sumber: MediaIndonesia