Sunday 27 February 2011

Sunday, February 27, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Umat Kristen di Christchurch Adakan Misa Bela Sungkawa.

CHRISTCHURCH (SELANDIA BARU) – Ribuan orang di Christchurch yang menjadi korban gempa hari ini mengadakan penghormatan kepada korban tewas dalam bencana gempa bumi hari Selasa lalu .



Sejumlah gereja di Christchurch berencana akan menyelenggarakan misa dan kebaktian pagi ini kendati mengalami kerusakan akibat gempa minggu lalu. Berbagai pelayanan tersebut mengadakan ibadah di ruang terbuka karena sejumlah besar gereja-gereja yang rusak atau hancur dalam gempa berkekuatan 6.3.



"Beberapa gereja di sekitar kota tidak memenuhi syarat untuk digunakan beribadah dan orang -orang masih ketakutan berada di ruang tertutup , sehingga kami memutuskan untuk beribadah di luar," kata Pendeta Alan Webster, yang melakukan ibadah di Perpustakaan Christchurch Selatan, NZPA.

"Ini adalah ruang terbuka di mana orang dapat bersantai bersama-sama,"

Sebagian besar jemaat lintas denominasi duduk di kursi geladak. Banyak membawa anjing peliharaan serta menaruh karpet piknik dan peralatan piknik dan berbagai macam benda yang ditaruh di depan gedung tersebut sebagai tanda bela sungkawa.



Sedangkan Gereja Katedral kebanggaan kota Christchurch akan dibangun kembali, dalam model arsitektur yang sama, tetapi lebih kuat, kata Pendeta Peter Beck pagi ini.

Dia mengatakan prioritas adalah keselamatan pekerja penyelamatan yang masih terjebak di sana perlu dipindahkan “dengan cara sebaik mungkin …”

Korban meninggal akibat gempa bumi 6,34 SR di Selandia Baru meningkat menjadi 145 orang meninggal.

Komandan Polisi Christchurch Inspektur Dave Cliff mengkonfirmasikan pada konferensi pers di Christchurch sore ini, menambahkan bahwa masih ada sekitar 200 orang hilang.

Cliff mengatakan enam mayat telah dirilis ke keluarga dan ia berharap mayat lagi akan dibebaskan “secepat mungkin”.

Dua nama-nama orang dikonfirmasi sebagai korban gempa yang dirilis kemarin, menambah empat nama dirilis pada hari Kamis. Mereka adalah Jeff Pelesa Sanft, 32, dan Andrew Ross Craig Christian, 46, keduanya dari Christchurch.

Keluarga telah meminta privasi, dan tak bersedia memberikan keterangan kepada pers. Katanya. “Mereka sedang mengalami masa-masa yang sangat sulit.”
Ia mengatakan tim identifikasi bencana telah bekerja keras untuk menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga mereka secepat mungkin.

Pihak berwenang juga mengatakan terjadi banyak kelahiran sejak gempa terjadi.

Juga pagi ini, Menteri Gerry Brownlee mengatakan, seperempat bangunan di Kota Christchurch’s telah runtuh dan untuk membangunnya kembali dibutuhkan waktu selama berbulan-bulan.

Sekitar 70 anggota tim penyelamat dan Dinas Kebakaran Queensland serta paramedis dan 20 ton peralatan pendukung yang diperlukan, telah diterbangkan ke Christchurch pada Rabu, 23 Februari lalu.“Kita harus bersikap realistis tentang prospek (kehilangan Piala Dunia) tapi terlalu dini untuk membicarakan hal itu hari ini.”



Sekitar 500 bangunan properti di kota ini sudahdalam kondisi “lampu kuning ” akibat gempa yang terjadi Selasa siang (22/2) lalu, dengan mendapatkan stiker” akses terbatas” , sedangkan 341 rumah telahmemperoleh stiker merah, yang artinya para penghuninya harus dievakuasi segera.

“Semua orang percaya masih ada orang yang kita temukan warga yang hidup, di dalam reruntuhan.



Walikota Christchurch Bob Parker mengatakan pagi ini "Di Haiti, ketika kita menanggapi gempa itu, kami mampu menemukan korban lima, enam, tujuh hari setelah gempa.”

Grand Chancellor Hotel, yang pada hari Rabu di ambang kehancuran, telah stabil.



Para penyelamat berharap untuk bisa masuk ke gedung hari ini.

Tiga ratus polisi Australia akan dikerahkan di Christchurch hari ini karena meningkatnya kasus pencurian pasca terjadinya gempa.

Walikota Bob Parker mengatakan keamanan menjadi perhatian utama bagi banyak orang di kota itu. Bukan hanya para penjarah, tetapi orang-orang yang mengemudi ke daerah-daerah yang rusak dan mencari kerabat yang hilang.



Berikut adalah foto-foto gereja-gereja yang rusak karena gempa di Christchurc








Gereja Presbyterian Knox




Gereja Baptis Oxford Terrace




Gereja Holy Trinity Anglican di Lyttelton




Gereja Methodis di Durham

Sumber: Berbagai Sumber