Wednesday 30 March 2011

Wednesday, March 30, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gunung Karangetang Berstatus 'Siaga', Warga Kembali ke Rumah. ONDONG (SULUT) - Setelah hampir 2 pekan berstatus 'Awas', Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Karangetang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, menjadi 'Siaga'.

Sebagian besar warga yang berada di pengungsian sudah terlihat kembali ke rumah mereka.

Aktivitas Gunung Karangetang pada Rabu (30/3/2011) sudah menunjukkan penurunan. Salah satu gunung paling aktif di dunia ini sudah tidak lagi mengeluarkan lava pijar dan awan panas.

Sepanjang Rabu ini, tidak terlihat lagi lava pijar dan awan panas seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Meski demikian petugas pos pengamatan di Desa Salili meminta warga untuk tetap waspada.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sekira 800 warga yang tinggal di pengungsian Gereja GMIST Jemaat Lehi sudah kembali ke rumah masing-masing.

Pengungsi yang dipulangkan adalah warga Desa Mini, Desa Kinali, dan Desa Winangun. Tiga desa ini merupakan daerah terparah dilanda lahar dan awan panas yang turun sejak 13 Maret lalu.

Warga yang berada di kaki gunung juga terlihat sudah mulai melakukan aktivitas berladang.

Sumber: Okezone