Wednesday 2 March 2011

Wednesday, March 02, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Mayoritas Yahudi di Sulawesi Utara Beragama Kristen.
MANADO (SULUT) - Keturunan bangsa Yahudi di Sulawesi Utara sebagian besar tak lagi pemeluk agama Yahudi sebagai panduan hidupnya melainkan beralih menjadi pengikut Kristus.

Kepala Divisi Informasi dan Komunikasi Komunitas Yahudi Sulawesi Utara Irvan Grossman mengatakan, sebagian besar keturunan Yahudi memeluk Katolik dan Protestan.“Bahkan ada keturunan Yahudi memeluk agama Islam,” kata Grossman di salah satu hotel di Kota Manado.

Grossman menjelaskan sejak diakui eksistensinya sebagai Yahudi pada 2004, penganut ajaran agama Yahudi hanya sekitar 5 sampai 7 orang. “Pertama tentunya Raabi Yaakov Baruch Palilingan dan keluarga Bollegraf. Jadi penganut agama Yahudi itu termasuk sangat kecil,” kata Grossman.

Kecilnya penganut agama Yahudi di Sulawesi Utara, kata Grossman, lebih dikarenakan banyaknya nenek moyang keturunan Yahudi ini mengikuti agama daerah yang ditinggali serta mengikuti agama pasangan hidupnya.

Grossman yang memeluk agama Kristen mengaku meski pemeluk agama lain, namun keturunan Yahudi tetap mengikuti sejumlah perayaan agama Yahudi di Synagogue Ohel Yaakov desa Rerewokan Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa. “Saya sendiri sering mengajak keluarga saya ke Synagogue mengikuti sejumlah perayaan di sana,” kata Grossman. “Hal ini saya lakukan untuk memberitahu anak-anak dan keluarga saya jika inilah saya yang keturunan Yahudi,” kata Sarjana Theologi ini.

Sumber: Tempo Interaktif