Friday 22 April 2011

Friday, April 22, 2011
1
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Misa Paskah di Sejumlah Gereja di Yogyakarta Berlangsung Aman.
YOGYAKARTA - Misa Paskah di sejumlah gereja di Yogyakarta berlangsung aman dan tertib. Ribuan umat Kristiani memanjatkan doa memperingati wafatnya Yesus Kristus dengan khidmat.

Berdasarkan pantauan detikcom Kamis (21/4/2011) malam di sejumlah gereja seperti Gereja Katolik Hati Kudus Pugeran, Gereja Kotabaru, Gereja Bintaran, Gereja Kidul Loji, Gereja Jetis, dan Gereja Kristen Mergangsan Yogyakarta, puluhan aparat kepolisian dan petugas keamanan gereja mengamankan pelaksanaan misa sejak siang hingga sore menjelang misa.

Sebelumnya pada pagi hingga siang hari, sejumlah gereja di seperti Gereja Kotabaru, Gereja Kidul Loji sudah dilakukan sterilisasi oleh aparat Brimob Polda DIY. Sterilisasi dilakukan di sejumlah tempat di dalam dan di sekitar lingkungan halaman gereja.

Meski penjagaan tidak ketat, sejumlah petugas keamanan gereja berjaga-jaga di dekat pintu masuk gereja. Sedangkan aparat kepolisian berjaga di luar sekitar 100 meter dari gereja sambil mengatur arus lalu-lintas agar tidak semrawut.

Malam ini, umat kristiani melakukan misa Kamis Putih untuk mengenang perjamuan terakhir Yesus bersama murid-murid. Sedangkan pada hari Jumat besok, mereka akan memperingati wafatnya Yesus di kayu salib dengan sebuah perayaan ekaristi.

"Misa hari ini berlangsung aman dan lancar. Kita berharap besok saat misa Jumat agung juga demikian," kata Agustinus HS salah satu umat Katolik usai mengikuti Misa di Gereja Hati Kudus Pugeran Yogyakarta.

Sumber:Detik