Sunday 24 April 2011

Sunday, April 24, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Perayaan Jumat Agung di Larantuka diwarnai Prosesi Pengantaran Tuan Ma dan Tuan Ana.
LARANTUKA (NTT) - Perayaan Jumat Agung di Larantuka, Kabupaten Flores, Nusatenggara Timur, berpuncak pada tradisi prosesi Tuan Ma. Tradisi itu dilakukan sepanjang Jumat (22/4/2011) malam hingga dini hari tadi (23/4).

Puluhan ribu umat dan peziarah ikut tradisi yang dimulai pukul 19.00 hingga 02.00 WIT. Prosesi dimulai dari Gereja Katedral Larantuka mengantar Patung Tuan Ma dan Patung Tuan Ana menyinggahi delapan titik (armida) di sepanjang jalan. Armida-armida tersebut menyimbolkan kehidupan Yesus mulai dari masa Bunda Maria mengandung hingga wafatnya Yesus.

Delapan armida juga melambangkan 8 suku yang sebelumnya, pada pukul 18.00, Lakademu atau petugas yang akan menandu patung Tuan Ana melakukan jalan kure. Jalan kure adalah memeriksa situasi keamanan di sepanjang rute yang akan dilewati patung Tuan Ma dan patung Tuan Ana. Lakademu menggunakan baju khas Portugis dengan busana tertutup hingga ke wajah.

Sementara itu, di sore hari warga mulai menempatkan gambar dan patung Bunda Maria di muka rumah yang akan dilewati Patung Ma dan Patung Ana. Armida-armida pun dirias. Malam saat iring-iringan, ribuan umat dan peziarah baik penduduk Larantuka maupun pengunjung dari luar kota dan mancangera berbaur turun ke jalan.

Sambil berjalan, mereka terus melantunkan Salam Maria dan kidung-kidung. Masing-masing membawa lilin. Di Gereja Katedral dan di setiap armida dilantunkan kidung "O Vos" atau ratapan derita Yesus. Terlihat jelas Para peserta prosesi Tuan Ma larut dalam suasana penuh kedukaan mengenang sengsara dan wafat Yesus Kristus.

Semana Santa adalah pekan suci yang dimulai dari Minggu Palem sampai Minggu Paskah. Ritual puncaknya pada saat Jumat Agung. Semana Santa merupakan perayaan Katolik khas masyarakat Larantuka, Flores Timur, NTT. Ritual ini sudah berlangsung selama 500 tahun dan merupakan ritual peninggalan Portugis.

Sumber: Tim PPGI