Saturday 23 April 2011

Saturday, April 23, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Ribuan Umat Katholik Temanggung Ikuti Misa Jumat Agung.
TEMANGGUNG (JATENG) - Kurang lebih 1800 Umat Katolik di Temanggung, mengikuti prosesi Misa Jumat Agung, di Gereja Santo Petrus dan Paulus Jumat Sore (22/4). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari upacara peringatan wafatnya Isa Al Masih.

Misa dimulai tepat pukul 14.00 wib dipimpin Romo Paroki Sadana Msf dari Temanggung. Misa pertama berlangsung hingga pukul 16.00 wib. Misa dilanjutkan pukul 17.00 wib, dipimpin Romo Paroki Sulistyo Msf dari Semarang. Dalam prosesi Jumat Agung, umat melakukan ibadat penghormatan salib, menyanyikan bacaan Injil, dan dilanjutkan dengan ibadat ekaristi.

Sekretaris Panitia Perayaan Paskah Gereja Santo Petrus dan Paulus Temanggung Elizabeth, mengatakan, dalam prosesi Jumat Agung, umat melakukan ibadat penghormatan salib, menyanyikan bacaan Injil (pasio), dan dilanjutkan dengan ibadat ekaristi.

Peringatan ini sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak hari Minggu kemarin. Dalam Misa Jumat Agung ini umat Khatolik tampak khidmad mengikuti semua jalannya prosesi acara.

"Peringatan dimulai dari Minggu Palma, lalu Kamis Putih (malam penyalipan), Jumat Agung (wafatnya Yesus) , hingga Minggu lagi, yakni Paskah, atau kebangkitan Tuhan. Perayaan Ekaristi Hari Kamis Putih adalah di mana Yesus mengumpulkan ke 12 rosul untuk mengadakan perjamuan suci. Ini adalah awal mula Misa setiap Minggu. Sementara Ibadat Hari Raya Jumat Agung memperingati penyalipan dan wafatnya Yesus" katanya.

Setelah Ibadat Jumat Agung, masih akan ada ibadat Sabtu Suci, Perayaan Ekaristi malam Paskah. sementara puncak peringatan akan dilakukan pada saat Misa Paskah Minggu mendatang.

Sumber: Suara merdeka