Monday 11 April 2011

Monday, April 11, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Sambut Paskah, Jemaat St Agustinus Payakumang Donor Darah.
KETAPANG (KALBAR) - Memperingati hari raya Paskah, Gereja Katolik Paroki St Agustinus Payakumang di Jl Gatot Subroto, Ibukota Ketapang, lakukan donor darah, Minggu (10/4/2011).

Koordinator Seksi Sosial Gereja Katolik Paroki St Agustinus Payakumang, Eqnasius Gimin Adi mengatakan aksi sosial itu dilakukan dalam rangka menyambut hari raya Paskah umat Kristiani pada, Minggu (24/4/2011) mendatang.

“Ini (aksi donor darah) baru pertama kali dilakukan, dan rencananya berlanjut pada tahun-tahun berikutnya,” kata Gimin.

Gimin mengungkapkan tujuan donor darah tersebut untuk memperingati sengsara Tuhan Yesus Kristus, yang dengan mati di kayu salib Ia (Yesus) mengorbankan nyawaNya untuk menebus dosa manusia.

“Tuhan Yesus dengan darahNya menebus dosa manusia, dan dalam hal ini kita ingin mengikuti jejakNya, dengan darah kami (donor darah), kami ingin memberkati saudara-saudari yang membutuhkan, kami ingin berbagi kehidupan,” kata pria 63 tahun itu.

Pantauan Tribun, aksi donor darah tersebut sedikitnya diikuti 30 jamaat Gereja Katolik Paroki St Agustinus Payakumang, peserta donor dari berbagai usia, mereka bekerjasama dengan PMI Cabang Ketapang, dan RSUD Agoesdjam Ketapang.

Sekretaris Panitia Paskah Gereja Katolik Paroki St Agustinus Payakumang, FX Krisna Murti mengatakan selain melakukan aksi donor darah gereja yang baru berusia tiga tahun dan kini telah memiliki 900 jemaat tetap tersebut, juga melakukan sejumlah kunjungan orang sakit.

“Dengan donor darah, dan mengunjungi orang-orang sakit kami ingin perayaan Paskah ini benar-benar berarti dan bermanfaat bagi siapapun, baik itu untuk umat Kristiani maupun umat non Kristiani, kami ingin memberi arti dalam setiap kegiatan kami,” ujar Krisna.


Selain itu jemaat ini pun melakukan sejumlah kegiatan lain, seperti mengunjungi sejumlah jemaatnya yang teletak di pedalaman, atau daerah terpencil. “Tadi sebelum melakukan kegiatan ini, kami awali dengan ibadah, agar semua yang kami lakukan bisa benar-benar berarti, dan orang penerimanya juga bisa diberkati seperti kami telah diberkatiNya,” pungkas Krisna.

Pegawai PMI Cabang Ketapang, Fahmi mengatakan pihaknya terbuka melayani seluruh masyarkat Ketapang, jika ada yang ingin untuk melakukan aksi donor darah, semuanya tanpa dipungut bayaran.

“Layangkan aja surat ke PMI Cabang Ketapang di Jl Sisingamangaraja paling lambat seminggu sebelum kegiatan, kami siam jemput bola, dan jika jumlahnya satu orang saja kita sarankan dia langsung mendatangi RSUD Agoesdjam,” ujar Fahmi.

Sumber: Tribunpontianak