Monday 23 May 2011

Monday, May 23, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja-gereja di Klaten Kerja Bakti di Dusun Ngredi.

SLEMAN (YOGYA) - Gereja-gereja di Klaten adakan kerja bakti di lokasi bencana lahar dingin pada Selasa (17/05/2011) bertepatan dengan hari libur Waisak.

Sebanyak sekitar 140 warga gereja ikut bergotong royong membersihkan sisa-sisa pasir yang membenamkan dusun Ngredi, desa Sindumartani, kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta,

Jemaat Gereja yang terlibat adalah dari GKJ Gondang, GKJ Kebonarum, GKJ Gantiwarno, GKJ Prambanan dan juga Satgas Tanggap Bencana GKI Klaten. Turut bergabung pula komunitas pecinta mobil VW (Volks Wagen).

Sejak Minggu (1/5/2011) malam, desa ini terendam lahar dingin menyebabkan 300 warga dusun Ngredi harus dievakuasi dan mengungsi. Sedang malam harinya, situasi di Dusun Ngredi gelap gulita akibat padamnya listrik.

Ini diakibatkan oleh jebolnya sebuah tanggul sehingga air bisa masuk ke perkampungan.Selain itu, banjir lahar dingin juga telah mengikis tanggul Morangan, merobohkan sebuah tiang listrik di Dusun Ngredi, dan menggenangi sawah seluas lima hektar.

Dusun Ngredi berada di pertemuan dua sungai yaitu sungai Opak dan sungai Gendol. Keduanya sama–sama membawa pasir dari Merapi.

Sumber: GKI Klaten