Tuesday 10 May 2011

Tuesday, May 10, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Hari Ini Sidang Kerusuhan Temanggung, Polisi Jaga Gereja.
TEMANGGUNG (JATENG) - Saat ini Kota Temanggung, Jawa Tengah dalam keadaan siaga satu. Kebijakan berlaku terkait sidang lanjutan kasus kerusuhan Temanggung di Pengadilan Negeri Semarang, Jateng. Sebanyak 800 personel satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Jateng, TNI, dan unsur organisasi masyarakat disiagakan di 70 titik rawan keamanan, termasuk instansi pemerintah, gereja-gereja, dan tempat umum, Selasa (10/5).

Dalam persidangan dihadirkan 25 tersangka. Wakil Kepala Kepolisian Resor Temanggung Komisaris Polisi Budi Priyanto mengatakan pengamanan ini untuk antisipasi adanya gangguan keamanan. Karena ia juga menyatakan penjagaan terus berlangsung sampai ada perintah lebih lanjut. Hingga berita ini diturunkan kondisi Temanggung aman dan terkendali.

Polisi tak ingin rusuh di Temanggung pascavonis kasus penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan di PN Temanggung pada 8 Februari silam terulang. Antonius dijatuhi hukuman lima tahun penjara.

Rusuh massa di daerah itu antara lain mengakibatkan kerusakan sejumlah gereja, kompleks sekolah kristen dan sejumlah kendaraan bermotor. Dan pada 12 Februari 2011, 25 tersangka yang semula ditahan di Markas Polres Temanggung dipindahkan ke Mapolda Jateng di Semarang.

Sumber: Liputan 6