Monday 16 May 2011

Monday, May 16, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Paus Shenouda III dari Alexandria Himbau Umat Kristen Mesir Akhiri Protes.
KAIRO (MESIR) - Sri Paus Shenouda dari Alexandria, Pemimpin Gereja Orthodoks Koptik seluruh dunia mengumumkan kepada warga Kristen Mesir untuk mengabaikan demonstrasi yang membahayakan komunitas Kristiani setelah 78 korban terluka dalam aksi protes yang berlangsung sejak pekan lalu.

"Rakyat yang melakukan protes, masalah ini telah melebihi batas, saat ini yang ada hanyalah perkelahian yang akan membahayakan Mesir dan juga diri kalian. Protes ini harus diakhiri secepatnya,"demikian pernyataan pimpinan gereja Koptik itu, seperti dikutip Reuters, Senin (16/5/2011).

Warga Kristen telah berkumpul di depan stasiun televisi nasional lebih dari seminggu untuk menuntut haknya terhadap mayoritas muslim di Mesir. Mereka juga menuntut para pelaku pembunuhan terhadap warga Kristen Koptik Mesir untuk ditahan.

Protes tersebut muncul pekan lalu setelah terjadi perkelahian di daerah pinggiran kota Kairo. Perkelahian tersebut menewaskan 12 orang dan dua gereja Koptik terbakar.

Penembak misterius lalu menembak para demonstran pada hari Minggu 15 Mei dan polisi melempar gas air mata ke penembak tersebut. Beberapa warga Kristen pun melempar batu ke lawannya.

Meskipun demikian, 2000 demonstran tetap ditempatnya dan menyerukan untuk melanjutkan aksinya.

Sumber: Okezone