Saturday 16 July 2011

Saturday, July 16, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Perayaan Puncak Pesta Jubileum 150 Tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pematangsiantar.
PEMATANGSIANTAR (SUMUT) - Perayaan puncak pesta Jubileum 150 tahun HKBP Pematangsiantar, diisi dengan peresmian gedung sekolah minggu pos pelayanan Jalan Pangaribuan, Minggu (10/07/2011).

Peresmian ditandai dengan pawai dari Jalan Gereja ke lokasi bersama pelayan Tuhan, panitia pembangunan dan anak anak sekolah minggu diiringi musik tiup dan trompet yang ditiup ratusan siswa sekolah minggu.

Acara diawali penyerahan kunci dari panitia pembangunan kepada Pdt Balosan Rajagukguk selaku pendeta Resort HKBP Pematangsiantar, kepada Praeses HKBP distrik V Sumatera Timur Pdt Piter Hutapea MTh, untuk membuka serta meresmikan gedung sekolah minggu itu agar dapat dipergunakan.

Usai meresmikan, pelayan Tuhan, panitia dan anak-anak sekolah minggu kembali menuju Gereja HKBP Pematangsiantar Jalan Gereja untuk memulai ibadah perayaan pesta puncak Jubileum 150 tahun HKBP.

Selaku pembawa firman Tuhan, Pdt Piter Hutapea mengutip nats Alkitab Mazmur 33 :1-9 menjelaskan, saat ini HKBP sedang melakukan pesta sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan atas berkat dan anugerah-Nya, serta perlindungan dan penyertaan-Nya bagi jemaat HKBP, hingga mampu bertahan hingga sekarang ini (150 tahun).

"Hari ini, di distrik V Sumatera Timur ada 5 resort HKBP yang merayakan Jubileum. Mungkin yang menjadi pertanyaan, mengapa perayaan kali ini melibatkan anak-anak sekolah minggu? Karena anak-anak sekolah minggu merupakan generasi iman Gereja Kristus di masa yang akan datang. Untuk perayaan jubileum berikutnya (50 tahun yang akan datang), anak-anak sekolah minggu yang akan merayakannya.

Karenanya, keterlibatan mereka menjadi dasar untuk menumbuhkembangkan keimanan," terang Pdt Piter Hutapea.

Ketua Umum perayaan Jubileum 150 tahun HKBP P Siantar M Manurung MBA mengucapkan terima kasih atas partisipasi jemaat dan donator. "Hari ini kita bersukacita, jangan ada yang bersungut-sungut," ajaknya.

Ketua Panitia pembangunan gedung sekolah minggu Ir MS Tamba menyebutkan, HKBP P Siantar merealisasikan pembangunan gedung sekolah minggu untuk membina dan mendidik anak-anak yang merupakan gereja masa depan.

Mewakili pelayan Tuhan Resort HKBP Pematangsiantar, Pdt Balosan Rajagukguk STh MS menuturkan, gereja pusat pendidikan spritualisasi keluarga untuk menumbuhkan keimanan, keluarga akan menjadi sentral pendidikan iman bagi anak-anak.

Asisten 3 Pemko Siantar Leonardo Simanjuntak mewakili walikota mengajak jemaat HKBP memberikan sumbangsih untuk pembangunan di kota ini. "Walikota Hulman Sitorus SE membuka pintu terhadap ide dan pemikiran yang bertujuan untuk membangun Kota Siantar," sebutnya.

"Sebagai jemaat HKBP, saya merasa bangga dan senang dapat merayakan Jubileum di HKBP Pematangsiantar. Terlebih lagi, hari ini saya merasakan talian persaudaraan yang begitu kental dan harmonis di jemaat. Saya menyambut baik program dari HKBP Pematangsiantar yang menitikberatkan pembangunan keimanan anak-anak sekolah yang merupakan gereja di masa yang akan datang," ujar Dr Capt Anton Sihombing.(Harian Analisa)