Saturday 13 August 2011

Saturday, August 13, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Beny K Harman : Masalah Bangsa dan Daerah adalah Bagian dari Masalah Gereja.
KUPANG (NTT) - Ketua komisi III DPR RI yang membidangi Komnas HAM, Beny K Harman menyatakan bahwa masalah yang dihadapi bangsa ini yaitu bidang pendidikan, kesehatan ,kemiskinan, lingkungan hidup adalah bagian dari masalah gereja.

Hal itu disampaikan pada acara seminar yang bertemakan “mari kita bangun kerukunan beragama” di Paroki Santa Maria Fatima Taklale, kelurahan Babau, kecamatan Kupang Timur, kabupaten Kupang, NTT, pada Sabtu (06/08/2011).

Didampingi dosen fakultas filsafat agama Norbertus Jegalus, Benny juga menegaskan bahwa diperlukan suatu kepedulian gereja terhadap permasalahan yang dihadapi bangsa dan daerah ini.

Sebab masalah ini menjadi kepedulian bagi orang katolik saja serta umat lain, untuk itu gereja Katolik dituntut untuk ikut mengambil bagian dalam segala bidang yang dialami oleh bangsa dan daerah ini.

Dihadapan 100 lebih orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda dan pengurus kelompok umat basis (KUB) yang berada di paroki St Maria Fatima Taklale, Harman mengungkapkan, gereja bukan hanya lebih banyak kepedulian pada fisik, tapi juga diperlukan kepedulian sosial yang tinggi dengan memiliki rasa cukup, simpati, empati terhadap penderitaan sesama. Pasalnya ini sangat menjadi tuntutan yang harus dilakukan oleh gereja.

Ditambahkan, selain tuntutan kepedulian sosial, gereja juga perlu memenuhi tuntutan solidaritas. Dalam melakukan suatu prakarsa harus perlu membangun solidaritas dalam mengatasi masalah yang dihadapi bangsa dan daerah ini di segala bidang.

Sementara itu pastor paroki sta maria fatima taklale romo piet olin mengatakan, kegiataan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran iman umat beragama akan pentingnya hidup rukun dan damai, baik dengan sesama agama, maupun lintas agama, sesuai program Keuskupan Agung Kupang.

Romo Piet menambahkan, diketahui dengan ada cukup banyak daerah otonom, maka banyak juga terdapat persoalan yang terjadi di daerah, baik itu di kalangan mayoritas maupun minoritas. Dimana ada kelompok tertentu yang hanya memperhatikan kepentingan mayoritas atau sebaliknya, dan juga masih banyak persoalan kekerasan yang terjadi pada umat beragama di daerah.

Menurut romo, persoalan–persoalan yang terjadi diperlukan suatu pencerahan dan pemahaman bagi umat dalam menjaga kesadaran iman umat beragama dalam menciptakan hidup rukun dan damai di bangsa dan daerah ini. (Radio Sahabat)