Tuesday 2 August 2011

Tuesday, August 02, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Keuskupan Pangkal Pinang Gelar Sinode II.
PANGKAL PINANG (BABEL) - Keuskupan Pangkal Pinang menggelar Sinode II, 2-8 Agustus 2011 di Pangkal Pinang. Sinode akan membahas sejumlah isu terkait politik, lingkungan hidup, dan kerukunan antarumat beragama.

Uskup Pangkal Pinang Mgr Hilarius Moa Nurak mengatakan, sinode II menindaklanjuti Sinode I yang digelar tahun 2000. Dalam sinode II akan ditekankan sejumlah isu yang mendorong umat Katolik di bawah Keuskupan Pangkal Pinang semakin partisipatif sebagai warga negara dan warga gereja. "Ada 200 peserta dalam Sinode II akan membahas sejumlah hal," ujarnya di Pangkal Pinang, Selasa (02/08/2011).

Para peserta mewakili 14 paroki di bawah Keuskupan Pangkal Pinang. Wilayah pelayanan keuskupan terdiri dari Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. "Peserta terjauh dari Kepulauan Natuna," tuturnya

Sinode akan mengundang sejumlah pembicara untuk membahas isu. Keuskupan antara lain mengundang rohaniwan Benny Susetyo Pr, Chalid Muhammad (lingkungan), dan Sukardi (pengamat politik). "Kami bukan akan mengarahkan warga gereja pada kekuatan politik tertentu. Pembahasan soal politik justru untuk meneguhkan netralitas gereja," ujarnya. (Kompas)