Saturday 6 August 2011

Saturday, August 06, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Kunjungan Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia di Sintang.
SINTANG (KALBAR) - Ribuan umat katolik memadati gereja Katedral Sintang Senin (01/08/2011)lalu. Kehadiran mereka untuk meyaksikan kedatangan Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia, Mgr Antonio Guido Filipazzi di Sintang.

Mgr Antonio bersama rombongan tiba sekitar pukul 16.00 WIB di Bandara Susilo Sintang. Bupati Sintang Milton Crsby, wakil Bupati Sintang Ignasius Juan, ketua DPRD Sintang serta unsur muspida Kabupaten Sintang melakukan penyambutan di Bandara tersebut.

Sesampainya di bandara, rombongan kemudian menuju gereja katedral Sintang. Di rumah ibadah ini ribuan umat khatolik dan anak sekolah menyambut mereka, dengan bendera mereka putih dan vatikan, juga dengan tari-tari daerah.

Saat penyambutan itu Mgr Antonio selalu menebarkan senyum keUpada seluruh umat.

Dia didaulat untuk memotong bambu sebelum memasuki gereja, sebelum melakukan pemotongan bambu tersebut seorang melakukan pemberkatan.

Tak lama kemudian beberapa gadis berpakaian adat menyodorkan tuak kepada para pejabat. Terlihat Antonio menenggak tuak dengan santai.

Kunjungan Dubes Vatican ini dalam rangka untuk membuka Musyawarah Nasional UNIO ke 10 tanggal 1 – 6 Agustus 2011 , dan Sintang mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah.

Mgr. Antonio Guido Filipazzi sebelumnya menjabat Uskup Agung Tituler Sutri menggantikan Dubes Vatican yang lama, Mgr Leopoldo Girelli yang mendapat tugas baru sebagai Nuncio Apostolik untuk Singapura.

Panitia Pelaksana Munas Ke 10 UNIO, Pastor Ewaldus, Pr kegiatan Munas Ke 10 tanggal 1 – 6 Agustus 2011 nanti akan dihadiri 37 keuskupan di Indonesia.

“Ada 37 Keuskupan dengan peserta mencapai 130 orang lebih yang semuanya adalah para Imam Projo,” kata Pastor Ewaldus, Pr.

Ditambahkannya, Munas UNIO yang diadakan 3 tahunan ini, pada penyelenggaraan di Sintang telah diagendakan 2 kegiatan utama yakni Munas mulai tanggal 1 – 3 Agustus dengan kegiatan Seminar, Lokakarya dan pemilihan pengurus baru UNIO.Sedangkan kegiatan utama kedua adalah melakukan Tour ke Kapuas Hulu.(Tribunnews)