Sunday 21 August 2011

Sunday, August 21, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pdt Daret Farel : Kerukunan Antar Umat Beragama Jadi Penghambat Konflik.
KOTA JAMBI (JAMBI)- Ketua Umum Persekutuan Gereja di Indonesia (PGI) wilayah Jambi, Pendeta Daret Farel S menyebutkan, pihaknya sudah membicarakan masalah konflik agama baik yang ada di intern agama maupun agama lain dengan PGI Pusat.

“Kita akui celah dari peraturan bersama mentri (Permen) nomor 09 dan 08 tahun 2006 ini bisa menimbulkan konflik,” ujar Daret dalam seminar nasional dengan tema mewujudkan kerukunan antar umat beragama dengan memaknai implementasi Permen nomor 09 dan 08 tahun 2006, Kamis (23/06/2011) di LPMP Telanaipura, Kota Jambi.

Untuk itu, dirinya meminta adanya sosialisasi akan kerukunan umat beragama, sehingga tidak terjadi salah paham antar umat beragama dan peningkatkan pemahaman masyarakat. “Jadi konflik bisa ditekan, bahkan bisa dihilangkan," tambahnya.

Diakuinya, dalam kementrian agama ada Binmas untuk umat Kristen. “Tapi Binmas Kristen yang kita hubungi mengatakan tidak tahu tugas dan fungsinya apa. Jadi kita minta kementrian agama sesering mungkin melakukan sosialisasi,’’ katanya lagi.

Sementara itu, Kompol Johan S Tanjung, salah satu pemberi materi dari Polda Jambi mengatakan, pemerintah yang harus tegas dan jelas dalam hal ini. Seperti izin mendirikan geraja di suatu daerah, jika syaratnya lengkap namun ada penolakan dari masyarakat, pemerintah jangan diam saja carikan solusinya.(Metro Jambi)