Thursday 18 August 2011

Thursday, August 18, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Sambut HUT RI ke-66 dan HUT Gereja Protestan Maluku (GPM) ke-75, Jemaat Amahai-Soahuku gelar Lomba.
MASOHI (MALUKU) - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-66 dan Gereja Protestan Maluku (GPM) ke-75, warga GPM jemaat Amahai-Soahuku Klasis Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menyemarakannya dengan berbagai perlombaan olahraga.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng, Roy Hallatu mewakili Bupati Malteng, Abdullah Tuasikal di lapangan bola Soahuku, Kecamatan Amahai, Senin (15/08/2011). Turut hadir dalam acara itu, yakni Camat Amahai, Nova Anakotta dan unsur Muspika.

Tuasikal dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II, Roy Hallatu mengatakan, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan olahraga. Di mana kegiatan tersebut kini telah menjadi agenda tahunan dalam rangka perayaan hari-hari besar gerejawi dan HUT Kemerdekaan RI.

Selain memberikan apresiasi, Tuasikal menandaskan, dalam pelaksanaan kegiatan olahraga, hal yang terpenting adalah memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Menurutnya, olaharaga digemari oleh semua orang, karena itu selain sebagai sarana menyalurkan hobi, harus juga memberikan kesempatan untuk lebih maju dan berpeluang menciptakan prestasi bagi merteka yang benar-benar gemar pada cabang olahraga tertentu.

Tuasikal menilai, kegiatan yang diprakarsai oleh panitia lomba jemaat GPM Amahai/Soahuku ini harus diaktualisasi dengan semangat warga gereja yang merupakan warga bangsa dalam menjaga keharmonisan, keutuhan dan sportifitas.

Jika perlombaan ini kata Tuasikal dilaksanakan dengan baik, dirinya precaya akan mengahsilkan prestasi yang baik pula. Olehnya ia menghimbau kepada warga GPM, khusus jemaat Amahai/Soahuku, kegiatan olahraga yang bertepatan dengan umat Muslim menjalankan ibadah puasa ini, diharapkan untuk menjunjung tinggi nilai toleransi umat bergama dan tingkatkan persatuan dan kesatuan serta keharmonisan orang basudara yang penuh damai. Ini semua agar kerukunan beragama di Malteng semakin indah dan bermakna.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jemaat Amahai dan Soahuku, A.K. Wattimena mengatakan kegiatan tersebut selain diikuti oleh jemaat Amahai dan Soahuku, juga diikuti oleh jemaat dari dedominasi gereja yang ada di Amahai dan Soahuku serta warga Soahuku yang beragama Muslim.(S5/)