Friday 2 September 2011

Friday, September 02, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 16 Denominasi Gereja di Hungaria Terancam Kehilangan Status Pengakuan.
BUDAPEST (HUNGARIA) - Puluhan denominasi gereja terancam kehilangan statusnya sebagai lembaga gereja. 

Sedikitnya Enam belas denominasi gereja di Hungaria terancam kehilangan statusnya jika 'Undang-undang Hak Kebebasan Hati Nurani dan Agama, dan Gereja, Agama dan Masyarakat Agama‘ diberlakukan.

Kini ke enambelas denominasi gereja tersebut tengan mengajukan banding ke Mahkamah Konstitusi negara untuk membatalkan undang-undang yang kontroversial di mana mereka dan ratusan kelompok lain akan kehilangan status gereja mereka, seperti dilansir Bossnewslife. .

Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2012 mendatang hanya 14 denominasi, termasuk Katolik, Reformed, Lutheran dan gereja-gereja Ortodoks, yang akan diakui sebagai gereja di negara berpenduduk 10 juta orang itu.

Bulan lalu gereja-gereja injili dan kelompok-kelompok kecil lainnya dipaksa mendaftarkan lagi ijin mereka ke pihak berwenang.

Peraturan-peraturan tersebut tentu saja menyulitkan gereja, pasalanya dalam peraturan itu gereja-gereja diwajibkan memiliki minimal 1.000 jemaat dan setidaknya telah melayani selama 20 tahun di Hongaria. Persyaratan masih harus ditambah dengan persetujuan dua pertiga anggota parlemen.(BossNewswLife/ Reformata)