Friday 2 September 2011

Friday, September 02, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Lebaran, Pengurus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jatiasih, Bekasi Bagi Sapi.
Sapi (ist)
BEKASI (JABAR) - Pengurus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jatiasih Resort Jatiasih Bekasi menyumbangkan satu ekor sapi kepada warga muslim di lingkungan sekitar Gereja HKBP Jatiasih hari ini. Acara penyerahan sumbangan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 H ini dilakukan di halaman gereja HKBP Jatiasih, Jalan Swadaya Nomor1 RT.01/04 Jatiasih, Bekasi.

Panitia akan langsung menyembelih sapi tersebut dan dibagikan ke 170 kepala keluarga di kelurahan tersebut. Dalam acara itu, hadir Lurah Jatirasa Teti Handayani, pimpinan HKBP Jatiasih Pdt JM Manullang, perwakilan Polsek Jatiasih, Koramil setempat dan sejumlah pengurus gereja HKBP Jatiasih.

Ketua Dewan Diakoni Sosial HKBP Jatiasih St Richard Sitorus mengatakan, kegiatan ini bermaksud untuk menjalin hubungan silaturahmi warga Gereja HKBP Jatiasih dan warga masyarakat di sekitar gereja yang saat ini sedang puasa.

”Kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan nilai-nilai toleransi umat beragama. Sebagai warga negara yang baik dan jemaat HKBP, kita wajib memelihara sikap toleransi yang sudah terpelihara sejak lama,” katanya.

Menurut Sitorus, selama ini hubungan interaksi sosial antara warga HKBP Jatiasih dengan warga sekitar gereja yang sudah terjalin baik. Sejumlah kegiatan sosial yang pernah dilakukan, antara lain bakti sosial, olahraga bersama dan membuka klinik pengobatan gratis.

”170 paket daging sapi yang dibagikan HKBP Jatiasih untuk warga Muslim di sekitar gereja, bukanlah sumbangan atau bantuan. Ini adalah murni partisipasi warga HKBP Jatiasih kepada warga di lingkungan sekitar,” kata Sitorus, Sabtu (27/08/2011).

Sementara itu, Lurah Jatirasa Teti Handayani mengatakan, pemerintah memberikan apresiasi untuk HKBP Jatiasih yang telah membantu meringankan kebutuhan warga menjelang Idul Fitri. Menurut dia, kegiatan seperti ini perlu didukung oleh banyak pihak, apalagi beban ekonomi keluarga kian meningkat di saat masa akhir menunaikan ibadah puasa.

”Kami sebagai aparatur pemerintah, menyambut baik gagasan HKBP. Ini adalah bentuk dari toleransi umat beragama yang selama ini sudah terjalin,” kata Teti Handayani.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya memantau pembagian paket daging sapi untuk warga di sekitar gereja. Acara yang berlangsung dengan tertib ini, diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh ulama setempat.(Okezone)