Thursday 15 September 2011

Thursday, September 15, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Dubes Vatikan dan Uskup Agung Kupang Tahbiskan 24 Imam Baru di Katedral Kristus Raja. KUPANG (NTT) - Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Antonio Guido Filipazzi dan Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr, mentahbis 24 diakon menjadi imam baru di gereja Katedral Kristus Raja Kupang, Rabu (14/09/2011). Misa pentahbisan dimulai pukul 08.00 Wita.

Uskup Kupang dan Dubes Vatikan (Patris Allegro)
Ke-24 diakon dimaksud, terdiri dari 11 orang dari Keuskupan Agung Kupang, empat orang dari Serikat Sabda Allah (SVD), delapan diakon dari Kongregasi Misionaris Claretian (CMF) dan seorang diakon dari Ordo Carmelitarum Discalceatorum (OCD).

Sekretaris Keuskupan Agung Kupang, Rm. Gerardus Duka, Pr, saat ditemui di Istana Keuskupan Oepoi Kupang, Selasa (13/09/2011), mengatakan, diakon dari Keuskupan Agung Kupang merupakan kewajiban Uskup untuk mentahbiskanya. Sedangkan yang berasal dari kongregasi dan keuskupan lain ditahbiskan secara bersamaan di Kupang karena mencalonkan diri.

Dikatakannya, kongregasi OCD, CMF dan projo berkarya dan berperan di Keuskupan Agung Kupang. Sedangkan dari SVD Flores karena para diakon ini sebenarnya berasal dari Keuskupan Agung Kupang, yakni dari Paroki Katedral Kristus Raja Kupang, Paroki Sta. Maria Assumpta Kupang dan Paroki Sta. Familia Sikumana. Ada satu diakon dari Paroki Eban Atambua bergabung dan ditahbiskan di Kupang karena ada permohonan kepada Uskup Agung Kupang.

Menurut Romo Gerardus, sebelum pentahbisan imam, saat ini para diakon baru selesai mengikuti ret-ret di Susteran SSpS Kelurahan Belo yang dipimpin oleh Pater Chris Suri Nono, OCD. Sebelum ret-ret, para diakon mengikuti pelatihan menyongsong acara puncak bersama Uskup Agung Kupang. (Pos Kupang)