Tuesday 18 October 2011

Tuesday, October 18, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja Katolik Kecam Perusakan Gereja saat Protes Anti Ketamakan Korporat di Roma.
ROMA (ITALIA) - Gereja Katolik mengecam protes rusuh di Roma pada akhir pekan, yang antara lain menyerang sebuah gereja.

Pastor Federico Lombardi dari Vatican press menyatakan bahwa Gereja Katolik mengutuk tindakan perusakkan dan pelecehan gereja St. Marcellinus dan Peter yang lokasinya dekat dengan Lateran basilica, salah satu pusat unjuk rasa para anti korporasi.

Dikatakan pula bahwa gereja tidak miliki kaitan apapun dengan ketamakan korporasi dunia yang kian menggerogoti dan menekan masyarakat kedalam kemiskinan dan bencana sosial. Sehingga ia berharap para perusuh dapat mengekspresikan kekesalan mereka sewajarnya. 

Walikota Roma memperkirakan, bentrokan antara demonstran dan polisi menyebabkan kerugian bernilai diatas 1-milyar dollar.

Demonstrasi di Roma itu merupakan salah satu dari serangkaian protes di seluruh dunia menentang ketamakan korporat dan langkah-langkah pemerintah untuk mengencangkan ikat pinggang.

Demonstrasi itu mengikuti jejak unjuk rasa serupa di Amerika, Eropa, Asia dan Australia.

Seorang peserta demonstrasi di London mengatakan, bank-bank agaknya kebal dari penderitaan yang dirasakan masyarakat.

Katanya jelas ada yang salah dengan sistemnya kalau pemerintah menggunakan uang rakyat dalam jumlah yang sangat besar untuk menyelamatkan bank-bank yang sangat kaya, sementara masyarakat harus menghadapi penghematan besar-besaran dan pemotongan berbagai layanan. (Catholic Cultur/Tim PPGI)