Tuesday 11 October 2011

Tuesday, October 11, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Perayaan Pesta Jubileum 150 Tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Distrik XXII Dipusatkan di Pekanbaru.
PEKANBARU (RIAU) - Perayaan pesta Jubileum 150 tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Distrik XXII akan dipusatkan di Gereja HKBP Kota Pekanbaru, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Riau, 15-16 Oktober 2011.

Ketua Panitia Lokal Jubileum 150 Tahun HKBP, AB Purba kepada wartawan, Senin (10/10/2011), menyebutkan peryaaan itu akan melibatkan tujuh provinsi yang tergabung di wilayah III, seperti Riau, Batam, Jambi, Palembang.

"Panitia sudah menyebarkan sebanyak 15 ribu kepada seluruh jemaat Gereja HKBP Wilayah III. Selain itu, kami juga telah siap mengantisipasi tamu yang datang yang berjumlah sangat besar," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Wilayah Pelaksanaan Panitia Jubileum 150 tahun HKBP Wilayah III, Archeanius Napitupulu menambahkan, pesta perayaan Jubileum HKBP ini akan diisi oleh serangkaian kegiatan yang terbagi lima wilayah penyelenggaraannya yang ada di seluruh Indonesia.

Sementara Distrik XII Riau termasuk wilayah III dari tujuh provinsi atau Distrik, yaitu, Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Sumbar, Bangka Belitung (Babel), Sumatera Selatan, dan Lampung. "Sementara puncak Jubileum sendiri, akan dipusatkan di Jakarta, pada 22 Desember 2011 mendatang," papar pria yang akrab disapa Arche ini.

Rangkaian kegiatan Jubileum itu sendiri, dipastikan akan dibuka pucuk pimpinan Gereja HKBP, Ephorus Pdt Dr Bonar Napitupulu, dan dihadiri dua Menko Kesra, Agung Laksono dan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro dan Gubernur Riau, Rusli Zainal juga Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Yopie Arianto.

Selain itu, pada Sabtu (15/10/2011), Ephorus HKBP akan dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Christian Center, milik Distrik XXII Riau, yang akan berdiri di atas tanah dua hektar hibah dari anggota Jemaat HKBP, lokasinya di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau.

Sementara itu, anggota panitia lainnya, Viator Butarbutar kepada Analisa mengatakan, sebelum acara puncak Jubileum ini, seluruh Distrik yang tergabung dalam Wilayah III ini telah melangsungkan perayaan Jubileum di tingkat Ressort maupun Gereja masing-masing.

Pada acara puncak nanti, kata Viator, akan diawali dengan prosesi bersama pimpinan HKBP, Panitia Nasiona dan Panitia Wilayah. Selanjutnya dilakukan penyalaan api Jubileum, ibadah dan perayaan Jubileum. Perayaan ini nantinya akan dihibur oleh artis-artis Jakarta seperti Rita Butarbutar dan artis dari Medan sekaligus sore harinya diadakan penarikan sumbangan berhadiah bagi anggota Jemaat HKBP. (Harian Analisa)