Sunday 20 November 2011

Sunday, November 20, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Misa Agung 50 Tahun Hirarki Gereja Katolik Indonesia di Katedral Jakarta.
JAKARTA - Dewan Gereja Katedral Jakarta pada Kamis (17/11/2011) pukul 17.00 WIB menyelenggarakan Misa Agung dalam rangka 50 tahun Hirarki Gereja Katolik Indonesia di Gereja St. Perawan Maria Diangkat Ke Surga Katedral Jakarta.

Sekitar 37 orang Uskup bersama Uskup Agung Mgr. Ignatius Suharyo memimpin Misa Agung ini. Misa Agung ini diikuti ribuan umat dan Dubes Vatikan untuk Indonesia.

Misa ini juga menjadi acara penutup Sidang Tahunan Konferensi Waligereja Indonesia yang telah diadakan selama 10 hari dan menghasilkan kebijakan-kebijakan pastoral yang bermanfaat untuk perkembangan Iman Umat Katolik selama 50 tahun ini.

Menariknya umat yang menghadiri misa diminta untuk menggunakan pakaian tradisional, namun bagi yang tidak menggunakan pakaian tradisional tentu tetap dapat mengikuti Misa tersebut.

Berbagai tarian tradisional daerah mewarnai jalannya Misa agun tersebut, diawali dengan tarian dari Jawa Tengah kemudian dari Sumatera Utara pada saat mengiringi petugas membawa persembahan.

Seluruh petugas juga menggunakan pakaian tradisional, baik pembaca liturgi maupun para personel Paduan Suara. Lantunan lagu-lagu rohani di sajikan dengan apik dengan nada-nada gaya daerah seperti gaya Sunda, Jawa, Manado, Dayak, Flores, Batak, dan Keroncong tanpa mengurangi rasa hikmat dalam lagu-lagu tersebut.

Usai Misa Agung, dilanjutkan dengan ramah tamah antara para uskup dengan umat yang hadir serta pembagian brosur penggalangan dana dalam rangka pembuatan film garapan Garin Nugroho berjudul 'Soegija'. yang menceritakan kisah hidup Mgr. Albertus Soegijapranata, Uskup pribumi pertama pada masa perjuangan Kemerdekaan RI yang bertujuan mengangkat nasionalisme, kemerdekaan dan keimanan. (NRM/Tim PPGI)