Saturday 12 November 2011

Saturday, November 12, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Dukung Pendekatan Presiden SBY Terhadap Papua.
TONDANO (SULUT) - Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia mendukung penuh pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyebutkan penyelesaian masalah di Papua harus dilakukan dengan pendekatan dari hati ke hati. Seperti diutarakan Pdt Gomar Gultom saat pembukaan Konsultasi Nasional Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja- gereja Indonesia (PGI) ke-V di GMIM Imanuel Leilem, Minahasa, Jumat (11/11/2011).

"Pasca Kongres Masyarakat Papua, kekerasan yang dilakukan aparat kembali meningkat. PGI menilai semua gereja di Indonesia mengajak pemerintah untuk menyelesaikan masalah di Papua dengan cara duduk bersama. Dibutuhkan sebuah seruan bersama mengenai ini," kata Gultom seraya menyatakan, PGI mendukung ditunjuknya Farids Husain sebagai utusan khusus untuk berdialog dengan masyarakat Papua. Walaupun PGI masih prihatin dengan eskalasi kekerasan yang terus meningkat di Papua.

Sedang terkait usulan pemerintah memasukkan RUU Kerukunan Umat Beragama, PGI memandang masalah kerukunan tak perlu diatur dalam satu undang-undang. Alasannya, kerukunan umat beragama sejatinya lahir dan dikembangkan sejak keberadaan umat beragama itu sendiri bukan berdasarkan aturan hukum. "Yang kita butuhkan adalah UU yang memberi jaminan perlindungan kebebasan beragama," tandasnya. (Tim PPGI)