Sunday 25 December 2011

Sunday, December 25, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Ribuan Umat Katolik di Pontianak gelar Misa Natal di Tenda Dekat Lokasi Renovasi Katedral St Yoseph.
PONTIANAK (KALBAR) - Ribuan umat Katolik Kota Pontianak menggelar misa malam Natal di bawah tenda yang dipasang di sekitar lokasi Katedral St Yoseph Pontianak yang saat ini sedang dalam proses renovasi.

"Katedral ini masih dalam proses pembangunan, namun kita tetap menggelar Natal di lingkungan katedral ini, meski sebagian umat harus melaksanakannya di dalam tenda," kata Yakubus, salah satu panitia Misa Natal Katedral ST Yoseph Pontianak, Sabtu (24/12/2011) malam.

Dia menyatakan, meski banyak yang melaksanakan misa di dalam tenda, hal itu tidak mengurangi kekhusyukkan umat Katolik. Dengan tertib mereka tetap menjalani rentetan kegiatan misa malam natal tersebut.

"Panitia pembangunan katedral terua melakukan pembangunan. Muda-mudahan pada misa Natal tahun depan, Katedral yang baru sudah bisa berdiri sehingga umat Katolik yang akan beribadah tidak perlu lagi melaksanakannya di dalam tenda," katanya.

Pastor Petrus Rosandi selaku pemimpin misa malam Natal di Gereja Katedral Santo Yoseph mengatakan perayaan Natal tahun ini harus menjadi semangat kebangkitan bagi umat Katolik di Kalimantan Barat dan Pontianak Khususnya.

Dia menyatakan, hari kelahiran Isa Al-Masih sekitar 2000 tahun yang lalu adalah saat yang penting bagi hidup semua manusia. Di sana keselamatan tiba, dimana Tuhan lahir menjadi bayi di Betlehem untuk memperbaiki hubungan manusia dengan Tuhan yang semakin buruk oleh karena kesesatan manusia.

Isa Al-Masih akhirnya wafat di kayu Salib untuk menebus dosa-dosa semua manusia dan bangkit kembali pada akhirnya. Natal merupakan hadiah dari Tuhan yang paling besar dan wujud nyata Kasih Tuhan bagi manusia.

"Saya ingin mengajak semua umat Katolik merayakan Natal tahun ini dengan hati yang berterima kasih atas hadiah yang terbesar dari Tuhan, Juru Selamat Isa Al-Masih. Begitu besar kasih Tuhan pada hari Natal ini, keselamatan ini tersedia untuk semua orang yang menaruh kepercayaan kepada Isa Al-Masih," kata Rosandi.

Dia berharap damai Natal tahun ini juga dapat meningkatkan kebersamaan dan toleransi antar umat beragama di Kalimantan Barat. Terlebih pada tahun 2012 mendatang, Kalbar dalam menghadapi Pemilihan Gubernur yang diharapkan dalam pelaksanaannya nanti tidak terjadi perpecahan antara masyarakat. (Bisnis Indonesia)