Sunday 8 January 2012

Sunday, January 08, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Open Doors : Indonesia Tetap di Peringkat ke 43 Negara Penganiaya Umat Kristen.
WASHINGTON DC (AS) - Semakin meningkatnya jumlah penganiayaan umat Kristen di dunia oleh negara dan kelompok-kelompok anti-Kristen dari tahun ke tahun. Membuat beberapa organisasi pelayanan dan kemanusiaan untuk memantau aktifitas terbaru umat Kristen di negara-negara tersebut.

Data terbaru yang dirilis organisasi pemantau penganiayaan dan kekerasan terhadap umat Kristen, Open Doors pada Rabu (04/01/2012) mempublikasikan "2012 World Watch List" (2012 WWL).

Daftar ini membeberkan peringkat negara-negara didunia yang akan diawasi organisasi ini selama tahun 2012, dengan menggunakan data penganiayaan yang dikumpulkan organisasi ini selama tahun 2011.

Dalam peringkat itu, Indonesia menduduki posisi ke 43, peringkat yang sama seperti pada tahun 2011 dan naik lima peringkat dibanding tahun 2010.

Sedang untuk peringkat Asia Tenggara, Indonesia berada pada peringkat ke empat setelah Vietnam (19), Brunei (28), Burma / Myanmar (33) dan Malaysia (50).

Perhatian utama Open Doors dalam kasus penganiayaan di Indonesia, yakni penganiayaan yang meliputi penutupan, pembakaran dan peledakkan bom terhadap gedung gereja, penundaan ijin peribadatan dan ancaman dan teror terhadap umat Kristen khususnya pada umat Kristen di Pulau Jawa.

Sama seperti pada tahun 2011, hal terpenting yang masih dibatasi kepada umat Kristen di Indonesia adalah kebebasan untuk mengadakan peribadatan seperti yang terjadi pada Jemaat GKI Yasmin, HKBP Filadelfia, GPdI Jatinangor, GKBJ Tangerang dan beberapa gereja lainnya. (TimPPGI)