Saturday 7 January 2012

Saturday, January 07, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia : 54 Insiden Kekerasan Terjadi kepada Warga Kristen Indonesia. JAKARTA - Insiden kekerasan terhadap warga Kristen di Indonesia tahun 2011 hampir berlipat ganda. Demikian seperti diberitakan Compass Direct.

Menurut Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia PGI, tahun lalu terjadi 54 insiden kekerasan terhadap warga Kristen di Indonesia. Pada umumnya, pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia terus naik, dari 198 di tahun 2010 menjadi 276 tahun 2011.

Menurut jubir Wahid Institute, lembaga yang didirikan alm mantan presiden Gus Dur yang memperjuangkan kehidupan yang harmonis antar umat beragama, pemerintah Indonesia kurang memperhatikan ancaman dari kubu ekstrimis. Menurut Compass Direct, Jakarta bahkan mengumbar intoleransi antar umat beragama dengan mengumumkan 36 aturan untuk melarang ritual agama yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Sementara itu Setara Institute di Jakarta menarik kesimpulan, baik pemerintah maupun kelompok tertentu bertanggung jawab atas berbagai insiden kekerasan terhadap umat beragama di luar Islam. Yang paling parah menurut Setara Institute adalah peran FPI, Front Pembela Islam.

Jabar korban terparah
Propinsi yang paling parah menjadi korban kekerasan terhadap warga Kristiani adalah Jawa Barat. Tidak kurang terjadi 160 kasus kekerasan. Polisi misalnya tidak bertindak ketika sekelompok Muslim ekstrimis mengancam warga Kristiani yang sedang melakukan ibadah Natal di udara terbuka di Bogor karena gereja mereka disegel oleh pemda.

Compass Direct mengingatkan, dasa warsa tahun 1950-an Jawa Barat merupakan basis Darul Islam yang pengikutnya masih tetap aktif sampai sekarang.

Penutupan gereja dan sikap pemerintah daerah yang tidak menggubris permohonan ijin bangunan seperti yang diajukan oleh lima gereja di Jawa Tengah menurut Setara Institute merupakan pelanggaran yang paling berat dari kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia. (Compass Direct)