Monday 13 February 2012

Monday, February 13, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gedung Gereja dan Katedral Berhias Lampu Warna-warni Selama Festival Cahaya Ghent di Belgia. BRUSSEL (BELGIA) - Festival Cahaya digelar secara spektakuler selama empat hari di Ghent, Belgia. Festival menjadi momen masyarakat siap menjelang musim semi.

Festival Cahaya dilangsungkan kedua kalinya selama empat hari pada 26-29 Januari lalu oleh masyarakat Belgia. Tradisi yang diadakan untuk mengakhiri musim dingin panjang di Belgia ini menampilkan cahaya yang menarik mata di beberapa bangunan.

Bangunan, seperti Katedral, dibalut cahaya berwarna-warni dengan diselimuti sekira 55 ribu lampu jenis LED. Tak hanya masyarakat sekitar yang tertarik menikmati, wisatawan juga terhibur dengan bangunan bercahaya tersebut.

“Tema yang dihadirkan tahun ini mengenai kebahagiaan dan musik, digambarkan dalam lebih dari 30 pameran unik. Festival ini merupakan satu-satunya di benua ini dan merupakan bentuk seni raksasa,” kata Kaat Heirbrant, Koordinator Light Festival Ghent 2012, seperti dikutip Yahootravel, Jumat (10/02/2012).

Menurut Heirbrant, salah satu tujuan festival adalah mengajak masyarakat lebih hemat memakai energi dan lebih menitikberatkan penggunaan energi untuk penerangan umum. “Dengan melakukan ini diharapkan dapat menghemat energi sebesar 20 persen,” ujarnya.

Heirbrant menjelaskan, acara ini memberi kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati sesuatu yang unik di akhir musim dingin sebelum mereka mulai menikmati musim semi.

Seni cahaya yang ditampilkan beraneka ragam di beberapa bangunan turut menghasilkan kreasi seperti Luminarie De Cagna. Beberapa hasil karya bahkan dibuat lebih hidup dan terlihat seperti sedang berinteraksi dengan pengunjung.

Variasi karya bangunan bercahaya ditempatkan pada dua kluster berbeda di pusat kota, seperti ada di sarana fasilitas umum yang bahkan dapat dinikmati sembari berjalan kaki. (Yahoo/Okezone)