Saturday 11 February 2012

Saturday, February 11, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pdt Gomar Gultom : Relokasi Jemaat Tidak Menyelesaikan Masalah. JAKARTA - Mengamati kasus GKI Yasmin maupun HKBP Ciketing, sampai saat ini tak juga memperoleh ijin beribadah, solusi yang diberikan adalah relokasi. Kalaupun itu diterima hanya karena terpaksa, lalu apa yang menjadi persoalan utama dibalik kesulitan ini?

Tempat Ibadah sementara Jemaat HKBP Ciketing
Sekretaris Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom menanggapi: “Relokasi tidak menyelesaikan masalah. Relokasi bukan masalah. Masalahnya apakah masyarakat masih mau hidup berdampingan dengan orang yang berbeda agama? Dalam hal ini kalau tidak mau lagi berarti ini tugas pemerintah yang harus menyelesaikannya."

"Pemerintah harus mendidik masyarakat untuk menerima kepelbagaian. Hidup berdampingan dengan orang yang berbeda agama berarti harus menerima kehadiran rumah ibadat” ujarnya.

Untuk menerapkan hal ini, Pdt Gomar menekankan agar sejak dini anak-anak harus diajarkan nilai kemanusiaan dan kemajemukan. Kurikulum harus diubah, agar jangan memupuk agama yang eksklusif”.

Sikap terbuka dan toleran akan menyatuhkan perbedaan untuk menemukan kekayaan, sebaliknya ketertutupan dan intoleransi menjadi bahaya terhadap kesatuan hidup berbangsa dan beragama.(Reformata)