Sunday 12 February 2012

Sunday, February 12, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Posko Siaga Banjir Perwil Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jakarta Barat.
JAKARTA - Bencana akan datang pada waktu yang tidak diduga-duga oleh siapapun. Guna mengantisipasi bencana yang akan terjadi di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya, Perwil GBI Barat mengadakan pelatihan penanggulangan bencana di pinggir Sungai Cisadane, Tangerang, Banten, pada Sabtu, (28/01/2012).

Kegiatan ini menurut Pdt. Ripin Suma, SE, MA selaku Ketua II Pusdalops Tagana Rajawali Be Volunteer BPD DKI Jakarta dan Ketua Gemas Perwil GBI Wilayah Jakarta Barat, diikuti oleh 70 peserta, masing-masing Perwil GBI Barat 60 orang, Perwil GBI Timur 5 orang, dan dari wilayah lain Perwil GBI Utara,Perwil GBI Selatan dan Perwil GBI Banten sebanyak 10 orang.

Pdt. Ripin menambahkan, para instruktur berasal dari Kemensos RI Jakarta dan dibantu beberapa personel Tagana Tangerang, Banten. Materi pelatihan terdiri dari manajemen bencana alam, penyelamatan di air dan dapur umum. Konsep yang ditanamkan kepada peserta ialah “Dari Kita untuk Kita”. Selain itu, pelatihan ini ditujukan kepada para relawan yang rindu menjadi Tagana dan sekaligus sebagai langkah antisipasi siklus banjir besar 5 tahunan.

Diharapkan usai pelatihan ini, para Korwil GBI di wilayah-wilayah lain bisa melakukan hal yang sama (pelatihan relawan Tagana, Red) seperti di Sungai Cisadane ini. Selain itu, Pdt. Ripin mengharapkan agar kegiatan ini bisa menciptakan jejaring, saling membagi tentang matbpd-siaga02eri pelatihan dan praktek di lapangan serta peningkatan kerja-sama antar Korwil GBI.

Guna mengantisipasi banjir di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya, beberapa “Posko Siaga Banjir” akan disiagakan selama 1 bulan (Februari-Maret 2012). Lokasi Posko tersebut yaitu :

Grogol Petamburan : GBI Nafiri Allah. Pendukung Posko yaitu GBI Sungai Yordan, GBI Grogol dan Tagana GBI lainnya. Palmerah : GBI Victory. Pendukung Posko yaitu GBI Pitagiri. Tambora (Taman Sari) : GBI Angke Jaya. Pendukung Posko yaitu GBI Setia Jaya dan GBI Widuri. Kebon Jeruk : GBI Sangkakala. Kalideres : GBI Citra 2. Pendukung Posko yaitu GBI Citra 3 dan GBI Menceng. Cengkareng : GBI City Resort. Pendukung Posko yaitu GBI Perumnas dan GBI Bangun Nusa. Puri Kembangan : Pusdalops Tagana RBV (GBI H.O.B).

Selain jemaat, pengerja gereja, hadir juga para gembala-gembala GBI antara lain Pdm. Yosua (GBI Setia Jaya, Tambora), Pdt. Simeon (GBI Grogol), Pdt. Karoyub S (GBI Menceng), Pdt. Yohanes LBL (GBI Citra 3), Pdm. Yanto TJ (GBI Palmerah Barat), Pdt. Yohan Ami P (GBI Bangun Nusa).

Tengah hari, peserta rehat makan siang di tenda yang juga didirikan oleh peserta. Makanan merupakan hasil olahan dapur umum. Suka-cita dan semangat mengikuti pelatihan ini tampak terpancar dari wajah peserta. Peran gereja akan semakin nyata jika gereja peduli dengan masyarakat dan kondisi terkini bangsa. Informasi tentang Posko dan lain-lain, silahkan menghubungi Perwil GBI Jakarta Barat.(GBIKapernaum.com)