Sunday 12 February 2012

Sunday, February 12, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Pertama, Departemen Pemuda dan Anak (DPA) Gereja Bethel Indonesia (GBI) se Indonesia di Manokwari.
MANOKWARI (PABAR) - Rakernas dan Rapimnas DPA GBI ke-3 di Manokwari – Papua Barat, telah berakhir dengan sukses. Acara kawula muda GBI se Indonesia yang luar biasa ini bertempat di Hotel Aston Niu Manokwari. Di hari pertama kedatangan, rombongan Peserta Rakernas dan Rapimnas disambut dengan tarian khas Papua di Bandara Manokwari. Pdm. Timotius Tan, Ketua Pengurus Pusat DPA GBI disambut oleh Ketua Pengurus Daerah Manokwari – Erenst Ngabali, S.Hut dengan pengalungan bunga tanda selamat datang di kota Injil.

Pada Senin (06/02/2012), Pembukaan Rapat Kerja Nasional ketiga dan Rapat Pimpinan Nasional, Departemen Pemuda dan Anak Gereja Bethel Indonesia (Rakernas III & Rapimnas I DPA GBI) diawali Ibadah singkat dengan pembicara Pdt. dr. Dr. Dwidjo Saputro (Ketua BPH GBI). Nats Firman Tuhan dari Kisah Para Rasul 4:13 “Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus”.

Pdt.D widjo dalam khotbahnya menerangkan bahwa generasi muda harus memiliki keberanian untuk memberitakan Injil dimanapun dan kapanpun, serta menjadi seorang yang berkarakter Kristus. Katanya lagi sebagai hamba Allah, kita harus berjumpa dengan Tuhan Yesus secara pribadi. Dengan itu kita juga harus membuat orang juga berjumpa dengan Tuhan Yesus, karena ledakan iman tidak akan terjadi kalo kita tidak ada waktu bersama Tuhan Yesus Kristus.

Erenst Ngabalin, S.Hut (Ketua Panitia) yang juga Ketua Pengurus Daerah DPA GBI Manokwari memberikan sambutan dan laporan acara Rakernas & Rapimnas DPA GBI. Katanya, dalam rangka memberikan yang terbaik bagi Tuhan Yesus dan para peserta Rakernas dan Rapimnas DPA GBI 2012 segenap panita telah melakukan pembersihan lingkungan di Manokwari sejak Januari sampai tanggal 4 Februari. Lebih lanjut Erenst mengatakan demi mengenal Papua lebih dalam lagi, maka panitia mengajak para peserta mengunjungi Pulau Mansinam dan menanam pohon di Pantai Pasir Putih dan penanaman pohon ini didukung oleh BRI Cabang Manokwari, kemudian Erenst memberikan laporan anggaran, katanya seluruh anggaran yang dibutuhkan dalam Rakernas dan Rapimnas DPA GBI 2012 sebesar Satu Milyar Lima Ratus Tujuh Juta Rupiah.

Dalam sambutannya Pdm. Timotius Tan mengatakan, bahwa setiap generasi muda GBI harus mengerti panggilan hidupnya, dimana Tuhan menempatkan kita untuk mengabdi bagi kepentingan Tuhan dan Kerajaan-Nya. Tentu ini bukan hal yang mudah, karena kita harus merubah pola berpikir (mindset) generasi muda, yang selama ini hidup hanya untuk diri sendiri menjadi “bagiku hidup bagi Kristus”. Karenanya generasi muda GBI rindu membangun Komunitas Bless Impact Generation (BIG) dalam 7 bidang kehidupan (Seven Spheres: Art/Media/Entertainment, Business, Chruch, Development of the poor, Education, Family, Governance) dan BIG ini jangan hanya sekedar program tetapi menjadi pergerakan (movement) bagi generas muda GBI, sehingga menjadi generasi muda yang menjadi berkat dan memiliki hidup berdampak positif bagi komunitas, kota dan bangsa.

Bupati Manokwari, Dr. Bastian Salabai, S.Th., MA., M.Th mengatakan dalam sambutannya bahwa waktu pelaksanaan Rakernas dan Rapimnas DPA GBI tahun 2012 dari tanggal 5-9 Februari memiliki makna yang sakral bagi kami di tanah Papua sebab moment ini bertepatan dengan peringatan masuknya Injil ke tanah Papua. Lebih lanjut Bupati Manokwari ini mengatakan dengan mengusung tema “Big Movement” kami menaruh harapan besar agar kinerja dan prestasi Pemuda GBI makin ditingkatkan dengan lebih berani melakukan terobosan-terobosan yang berdampak besar, bukan hyanya untuk kepentingan gereja tetapi juga kepentingan masyarakat umum sebagaimana pesan Tuhan kepada kita bahwa “Kamu adalah garam dan terang dunia”.

Mengakhiri sambutannya Bastian Salabai (Bupati Manokwari) memberikan apresiasi yang tinggi kepada panita dan seluruh Pemuda GBI yang telah berupaya keras menyelenggarkan Rakernas & Rapimnas, kiranya Tuhan menolong dan memberikan kesuksesan kepada kita semua, katanya lagi.

Selanjutnya, sambutan Gubernur Papua Barat secara tertulis diwakili oleh Staf ahli Departemen Sosial – Papua Barat, mengatakan Acara ini merupakan agenda nasional pertama dari pemuda gereja yang diselenggarakan di tanah Papua, karenanya ini perlu dicatat sebagai sebuah peristiwa penting yang dilakukan oleh pemuda Bethel Indonesia untuk membangun kualitas generasi muda yang setera di seluruh wilayah Indonesia, sehingga tidak terdapat perbedaan kualitas yang menyolok antara Pemuda di Indonesia Timur dengan kualitas Pemuda di Indonesia bagian Barat.

Katanya lagi peserta Rakernas dan Rapimnas DPA GBI 2012 dapat memanfaatkan kesempatan ini, sebaiknya dalam rangka membangun komunikasi dan konsulidasi secara baik untuk memberikan sumbangsih pemikiran yang konstruktif dan produktif supaya dapat menghasilkan keputusan-keputusan dan program-program kerja yang mantap, terencana, terukur dan dapat dilaksanakan bagi kepentingan gereja juga berdampak luas bagi kemajuan masyarakat bangsa dan Negara.

Setelah sambutan-sambutan, Vocal Groups Eben Haezer memberikan kesaksian pujian dan peserta sangat menikmati pujian itu. Kemudian dilanjutkan langsung dengan Diskusi Panel dan dilanjutkan dengan makan siang bersama kemudian pukul 13.30 WIT disambung dengan Diskusi Panel 2, dan seterusnya dilanjutkan dengan Rapat Pleno dan Rapat Pimpinan.

Rakernas Pemuda GBI ini di hadiri juga oleh Ketua Umum BPH GBI, Pdt. DR. Jacob Nahuway,MA dan Ketua BPD GBI Papua Barat, Pdt. Luky Rumaniowi yang juga adalah pembicara baik dalam KKR dan sesi sesi.

Adapun hasil keputusan Rakernas dan Rapimnas DPA GBI ini diantaranya adalah:

Pelakasanaan Rakernas IV dan Kongres Nasional XIV di Manado pada Tanggal 26-30 Agustus 2013

Seluruh gereja Lokal GBI wajib memberikan dukungan dana minimal sebesar Rp. 100.000,- /gereja local, dalam mendukung pelaksanaan Kongres Nasional XIV tahun 2013

Memberikan Referensi kepada Departemen Agama RI untuk membuat Konferensi Pemuda Kristen se-Indonesia di Manokwari-Papua Barat pada tahun 2013

Mentahbiskan dan melantik Ketua Pengurus Daerah Barito (Pdt. Martin Aru, S.Pd) dan Ketua Pengurus Daerah Papua (Pdp. Steven Wonmali, M.Pd). (GBI Kapernaum)