Saturday 7 April 2012

Saturday, April 07, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Jelang Hari Aldersgate 2012, Gereja Methodist Indonesia (GMI) Wilayah I Gelar Kegiatan Akbar Rohani dan Sosial.
MEDAN (SUMUT) - Dalam rangka perayaan Hari Aldersgate 2012, Gereja Methodist Indonesia (GMI) Wilayah I menggelar kegiatan akbar meliputi festival paduan suara, lomba olahraga, penanaman pohon penghijauan, camp pemuda, KKR, seminar, pelayanan pengobatan gratis bekerjasama dengan Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) dan Ibadah Raya Aldersgate.

Bishop GMI Wilayah I Darwis Manurung, STh, MPsi menjelaskan secara singkat sejarah diadakannya Perayaan Hari Aldersgate pada temu pers di kantor GMI Wilayah I Jalan Kartini Medan, Senin (26/03/2012) yang didampingi unsur panitia termasuk Ketua Panitia Ir RO Sitorus, MM, Pdt Ebert Lubis, STh, bendahara Ir Leo Sirait, MBA, Malanton Simanjuntak dan humas Naurat Silalahi.

Aldersgate merupakan nama sebuah jalan di kota London, Inggris. Dalam organisasi Gereja Methodist yang pada mulanya berkembang di Amerika Serikat, peristiwa di Aldersgate peristiwa di Aldersgate, di mana John Wesley (Bapa Gereja Methodist) pada 24 Mei 1738 mengalami suatu transformasi total kehidupannya, menjadi hari lahir atau hari jadi Gereja Methodist.

Sebagian orang menyebut peristiwa Aldersgate sebagai hari pertobatan John Wesley, walaupun sebenarnya beliau sebelumnya sudah menjadi pendeta Gereja Anglikan. Hal tersebut dimungkinkan karena pada saat itulah, John Wesley saat mengikuti suatu persekutuan, mendengar pembacaan tafsiran Marthin Luther tentang Surat Roma yang intinya bahwa manusia diselamatkan karena iman dan pertobatan. John Wesley merasa bergembira setelah niendengar berita itu karena dia merasa menemukan jawaban atas pergumulan rohani, pelayanan dan masalah lainnya.

GMI sebagai organisasi gereja pewaris Gereja Methodist Amerika menjadikan Hari Aldersgate sebagai hari yang penting. Hari Aldersgate dirayakan pada setiap tahun baik di tingkat gereja lokal, distrik maupun wilayah.

Pada tahun 2012 ini, GMI Wilayah I menjadikan Perayaan Aldersgate sebagai momen bangkitnya rasa kebersamaan, rasa persatuan dan keutuhan pelayanan.

Bapak Bishop menyatakan bahwa tujuan diadakannya perayaan Aldersgate mengingat makna perjuangan dan pergumulan Bapak Gereja Methodist John Wesley dan warga Methodist yang punya peran dan andil besar dalam membangun bangsa sehingga tidak sampai terjadi revolusi seperti yang terjadi di Prancis. Melalui Perayaan Hari Aldersgate ini akan semakin membuka diri warga GMI siap berbuat untuk keselamatan.

Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya terfokus pada bulan Mei tetapi hampir penuh sepanjang tahun. Melalui kerja keras panitia yang diketuai Ir R.O. Sitorus, MM di bawah koordinasi Bapak Bishop Darwis Manurung, STh, MPsi, maka jadilah Perayaan Aldersgate GMI Wilayah I Tahun 2012 sebagai suatu kegiatan yang multi even.

Adapun kegiatan dalam rangka perayaan Hari Aldersgate tersebut termasuk Gerakan Peduli Lingkungan Hidup dengan mencanangkan slogan "Methodist Go Green" dan tindakan nyata melalui penanaman pohon minimal 5 untuk setiap keluarga jemaat GMI Wilayah I. Penanaman 10.000 batang tanaman penghijuan berbagai jenis di areal Bukit Sion Kampus STT GMI Bandar Baru.

Kegiatan lain diadakan festival paduan suara dan Perlombaan Olah Raga .

Selain KKR berlangsung di masing-masing distrik, untuk tingkat wilayah, KKR akan dilaksanakan 7 April di GMI Gloria, Jln MT Haryono Medan. Pembicara Rev Lung-Kwong Lo, PhD dari Gereja Methodist Hongkong.

Pelayanan kesehatan gratis yang diperkirakan menjangkau 5.000 orang dalam bentuk pemeriksaan kesehatan, pengobatan spesialis, pembagian kaca mata baca, pemasangan kaki dan tangan palsu dan donor darah di RSU Methodist Susana Wesley Tanjung Sari bekerjasama dengan YSKI, 5 Mei. Diharapkan hadir adalah lintas denominasi, lintas suku bahkan lintas agama. Pendaftaran peserta diharapkan satu hari sebelum hari "H".

Kegiatan lain adalah lomba gerak jalan dan jalan santai di kampus UMI Jl Hang Tuah dan lapangan Benteng Medan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Medan dan Ibadah Raya Aldersgate di Pardede Hall Medan, 26/5 diperkirakan dihadiri 10.000 jemaat dan dua hari berikutnya diadakan konsultasi nasional GMI.

Sedangkan bulan Agustus pendirian taman baca di kantor distrik & pilot project di daerah pinggiran kota Medan. Kegiatan September perjalanan wisata rohani ke Inggris, meliputi beberapa kota yang berkaitan dengan John Wesley dan Oktober pelaksanaan Methodist Got Talent. Pada 24 Desember pengumuman hasil lomba cipta lagus Methodist di kantor GMI Wilayah I. (Harian Analisa)