Thursday 5 April 2012

Thursday, April 05, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Jelang Paskah, Gegana Sisir Gereja-gereja di Yogyakarta.
YOGYAKARTA - Tim Gegana Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penyisiran di Gereja St. Antonius Kotabaru Yogyakarta. Penyisiran ini dilaksanakan dalam rangka menjaga keamanan pelaksanaan perayaan Paskah 2012. Penyisiran dilakukan diseluruh sudut gereja dengan menggunakan metal detektor.

"Selain di Gereja St. Antonius, kami juga melakukan delapan gereja di wilayah Polresta Yogyakarta. Pelaksanaan sterilisasi sendiri dilaksakan dua hari yakni hari ini dan besok, Jumat (06/04/2012)," ujar Wakil Kepala Sub Detasemen Gegana Polda DIP, AKP Suripto, Kamis (05/04/2012).

Ia mengatakan, untuk melakukan penyisiran ini, Polda DIY menurunkan dua kompi tim Gegana. Penyisiran dilaksanakan secara seksama dengan tujuan, kondisi gereja aman dari ancaman. "Penyisiran kami laksanakan sebersih mungkin. Setelah konsidi bersih, nanti akan serahkan gereja ke Polresta kemudian untuk ditindaklanjuti masing-masing polsek," tutur Suripto.

Selain itu, Suripto mengatakan, pihaknya akan melakukan pengaman paska mulai dari awal hingga akhir, khususnya di Gereja Kotabaru. Sedangkan tiga tim Gegana lainnya melakukan patroli.

Menurut AKP Suripto, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan pihak gereja untuk sama-sama mengamankan pelaksanaan Paskah. "Pada pelaksanaannya, bagi pengunjung asing akan dilaksanakan pemeriksaan, baik berupa barang atau orang yang bersangkutan secara intensif," ungkap Suripto.

Terkait, ancaman di Kantor Wali Kota Yogyakarta, Suripto mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan. "Meski hanya tulisan atau benda, tapi telah membuat resah masyarakat," tukas Suripto.(Kompas)