Monday 14 May 2012

Monday, May 14, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja Bethel Indonesia (GBI) God's Trumpet Church (GTC) Kupang gelar Pengobatan Gratis di Taebenu.
KUPANG (NTT) -  Gereja Bethel Indonesia (GBI) jemaat God's Trumpet Church (GTC) Kupang, tidak hanya melayani jemaat secara rohani. Namun GBI-GTC Kupang, juga melayani jemaat secara jasmani.

Pasalnya jika jasmani seseorang sehat, maka rohaninya pun akan sehat. Tetapi jika jasmani seseorang tidak sehat, akan berpengaruh pada kehidupan rohaninya. Untuk itu, jika ingin melihat kehidupan jemaat mengalami pertumbuhan, gereja perlu memenuhi kebutuhan jasmani jemaat. Dengan demikian GBI-GTC Kupang, memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada jemaat di Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Kamis (10/05/2012).

Gembala jemaat GBI-GTC Pdt Stefanus Untono, ketika ditemui Timor Express di tempat pengobatan gratis mengatakan, pengobatan gratis yang digelar merupakan kepedulian gereja terhadap kesehatan jemaat.

Pasalnya, hingga dewasa ini masih banyak masyarakat di NTT ketika jatuh sakit memilih untuk tidak berobat di dokter dengan berbagai alasan. "Terkadang masyarakat takut ke dokter, atau memang tidak punya biaya untuk berobat ke dokter. Gereja sebagai alat Tuhan untuk menolong manusia, perlu membuktikan kasih Tuhan itu kepada jemaat yang tidak terlayani dan terjangkau pelayanan,"ujar Stefanus.

Dikatakannya, pengobatan gratis yang dilakukan di Kecamatan Taebenu merupakan kerjasama antara GBI-GTC, bersama Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Kupang Mateos Liu. Pengobatan gratis yang dilakukan GBI-GTC, bekerjasama dengan dua dokter dari Kota Kupang. Pengobatan yang mulai dilar dari pukul 9:00 Wita hingga pukul 13:00 Wita, masyarakat yang melakukan pengobatan lebih dari 500 orang.

Penyakit yang dikeluhan masyarakat adalah, Kusta, Anemia, Tuberkulosis (TBC), Gizi kurang dan Gizi buruk. "Masyarakat yang didiagnosa mengidap pengakit yang tadi saya sudah sebutkan, akan kami data kemudian akan kami lakukan pengobatan lanjutan. Kalau memang belum mengalami perkembangan dengan obat yang kami berikan, maka akan kami carikan solusi lain,"ungkap Stefanus.

Sementara Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Kupang Mateos Liu mengatakan, pengobatan gratis yang dilakukan merupakan bagian dari pelayanan kepada masyarakat. Karena sewaktu mencalonkan diri menjadi RPRD Kabupaten Kupang, ia berjanji akan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat.

"Pengobatan yang dilakukan murni pelayanan kepada masyarakat, tidak mengandung unsur politik. Sekarang kami kerjasama dengan GBI-GTC melakukan pengobatan gratis di Kabupaten Kupang dan kami sudah melakukan pengobatan gratis di tiga kecamatan.

Kami juga berencana akan terus melakukan pengobatan gratis sampai 24 kecamatan, yang ada di Kabupaten Kupang dapat pelayanan semua,"tutur Mateos ditemani Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kupang Ruben Kalelena.

Lanjut dia, pihaknya berencana juga untuk melakukan operasi katarak kepada masyarakat Kabupaten Kupang secara gratis. Namun, untuk sementara pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak-pihak yang akan diajak kerjasama.

Pengobatan gratis yang dilakukan, mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat, karena masyarakat tidak mengeluarkan uang untuk melakukan pemeriksaan dan juga mendapatkan obat. "Obat yang kami pakai juga bukan obat dari rumah sakit, tapi kualitas obat kami lebih baik dari obat di rumah sakit,"katanya berharap dengan adanya pelayanan pengobatan gratis, masyarakat yang mengidap penyakit dan tidak melakukan pengobatan di rumah sakit, karena berbagai alasan, kiranya dapat sembuh dari penyakit yang diderita.

"Saya berharap dengan adanya pengobatan gratis ini, masyarakat yang sakit tapi tidak bisa ke rumah sakit karena tidak punya uang, bisa dapat obat untuk mengobati penyakit yang diderita,"pungkas dia. (TimorExpress)