Tuesday 1 May 2012

Tuesday, May 01, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Mohon Doa! Milisi Pembebasan Suriah (FSA) / al-Qaida Kuasai Perumahan Umat Kristen dan Gedung Gereja di Homs.
DAMASKUS (SURIAH) - Aliansi Gereja-gereja Injili se-Dunia / World Evangelical Alliance (WEA) kembali menegaskan laporan Gereja Katolik Roma pada Maret 2012 yang membeberkan usaha penghilangan umat Kristen di Suriah dengan mendapati fakta bahwa Milisi Pembebasan Suriah / Free Syrian Army (FSA) telah melakukan pengusiran paksa terhadap umat Kristen di kota Homs, titik pusat penentangan pemerintah Suriah.

Dilaporkan oleh Fernando Perez dari Komisi Kebebasan Beragama (WEA-RLC), melalui pasukan FSA di kota Homs, Brigade Faruq, milisi dari sekte Islam Sunni yang konon mengaku berjuang membela 'warga Suriah' ini telah menguasai sepenuhnya rumah dan fasilitas milik umat Kristen di kota itu termasuk gedung gereja yang ada.

90 persen umat Kristen di kota Homs telah melarikan diri keluar dari kota itu, banyak dari mereka mengungsi ke Damaskus dan Aleppo, walaupun kondisi di dua kota besar itu tidak seburuk di Homs, mereka mengakui telah di-diskriminasi-kan dalam negara sendiri, karena  menjadi target penculikan, pembunuhan penembakkan dan peledakkan bom .

Sedangkan umat Kristen yang masih bertahan di beberapa wilayah pinggiran kota Homs diserang dan diancam akan dibunuh jika mereka diketahui masih mendukung Presiden Bashar al-Assad.

Selain itu milisi yang berjaringan langsung dengan kelompok teroris Islam terbesar didunia, al-Qaida, mengancam, siapapun yang menghalangi mereka untuk 'meng-Islam-Sunni-kan' Suriah akan dihabisi.

Seperti yang diakui pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawiri teriakkan melalui YouTube pada Februari 2012 lalu bahwa mereka akan menjatuhkan pemerintahan Bashar al-Assad dan merubah Suriah menjadi negara Islam Sunni,  sama seperti yang dialami Tunisia dan Mesir.(ASSIST/WEA/TimPPGI)