Saturday 2 June 2012

Saturday, June 02, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 10 Ribu Umat Katolik Akan Hadiri Perayaan Puncak Yubelium 75 Tahun Keuskupan Agung Makassar (KAM).
MAKASSAR (SULSEL) - Sekitar 10 ribu umat Katolik diperkirakan akan membanjiri perayaan puncak Yubileum 75 tahun Keuskupan Agung Makassar (KAM) di Celebes Convention Centre (CCC), Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (02/06/12).

Umat Katolik tersebut berasal dari paroki-paroki di bawah naungan KAM yang meliputi tiga provinsi: Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar), dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini disampaikan ketua Panitia Yubileum 75 Tahun KAM, Julius Yunus Tedja dalam konfrensi pers di Gereja Katedral Hati Yesus Yang Mahakudus, Makassar, Kamis (31/05/2012).

Acara puncak itu akan diadakan Misa Syukur yang akan dipimpin oleh Duta Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi. Para uskup se-Indonesia, pastor, biarawati juga hadir.

Uskup Agung KAM Mgr John Liku-Ada dan ketua steering comitte (SC) Pastor Paulus Tongli akan memimpin acara yubileum tersebut.

Pastor Paulus menjelaskan perayaan ini akan diawali dengan Misa agung dengan selebran utama adalah Mgr Filipazzi. “Hadir pula sejumlah uskup dari seluruh Indonesia dan para imam,” ujarnya.

Julius menambahkan dalam perayaan puncak Yubileum ini akan diputar film dan drama teatrikal tentang perjuangan serta perjalanan KAMS dari tahun 1937 hingga saat ini. Selain itu, akan diluncurkan buku tentang sejarah singkat Gereja lokal KAMS dengan judul Kenangan 75 Tahun Yubileum.

Pada acara ini, hymne KAMS karya budayawan Sulsel, Ishak Ngeljaratan untuk pertama kalinya akan dinyanyikan. Acara tersebut akan ditutup dengan malam ramah tamah.

Data dari Gereja Katolik Indonresia 2009, keuskupan agung itu memiliki sekitar 180.000 umat Katolik yang tersebar di 43 paroki.

Kehadiran Gereja Katolik di wilayah itu berawal dari terbentuknya Vikariat Apostolik Celebes menjadi Prefektur Apostolik pada 13 April 1937, kemudian ditingkatkan menjadi Vikariat Apostolik Makassar pada 13 Mei 1948, dan pada 3 Januari 1962 menjadi Keuskupan Agung Makassar.

Peringatan 75 tahun diambil terkait dengan pembentukan Prefektur Apostolik tahun 1937. (Tribunnews/UcanIndonesia)