Saturday 14 July 2012

Saturday, July 14, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Amankan Stok Darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Datangi Gereja dan Sekolah Kristen di Bandung.
BANDUNG (JABAR) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung memprediksi pedonor darah menurun 30 persen selama bulan puasa 2012. Guna mengamankan stok darah, PMI menyiasatinya dengan menyambangi gereja-gereja dan sekolah Kristen di Bandung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Unit Transfusi darah PMI Kota Bandung Dr Wahyu Suryawidjadja dalam jumpa pers Donor Darah Tupperware yang digelar di Mal BIP, Sabtu (14/07/2012).

"Tren donor darah di bulan puasa biasanya menurun. Kalau hari biasa kurang lebih 100 sampai 150 pendonor, kalau puasa bisa turun sekitar 30 persen, hanya 40 sampai 50 labu," ujar Wahyu.

Maka itu, pihaknya tak hanya bekerjasama dengan beberapa masjid di Bandung, juga akan mendatangi sekolah dan kampus kristen serta gereja-gereja.

"Kalau di masjid itu untuk malam hari. Untuk mendapatkan pendonor di siang hari, kami akan keliling ke sekolah Kristen dan gereja-gereja untuk jemput bola," katanya.

Wahyu mengatakan, kebutuhan darah selama bulan puasa diprediksi datar, tidak naik maupun tidak turun. Namun pihaknya tetap akan selalu siaga untuk mengamankan stok darah.

"Tren-nya biasanya datar, kecuali ada kejadian luar biasa," tutupnya. (Detik)