Sunday 8 July 2012

Sunday, July 08, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja Anglikan Pertimbangkan Wanita Ikut dalam Pemilihan Uskup Agung.
LONDON (INGGRIS) – Gereja Inggris atau Gereja Anglikan akan mempertimbangkan wanita dalam pemilihan terakhir uskup agung, pada Senin nanti, setelah bertahun-tahun perdebatan antara pemegang nilai tradisional dan liberal.

Sinode Am, sebagai induk badan Gereja Anglikan di seluruh dunia, memutuskan untuk menjalankan diskusi lebih lanjut pada Jumat dan melakukan pemilihan pada Senin.

"Seperti mayoritas sinode dan mayoritas anggota Gereja Inggris, saya setuju bahwa kita harus menyelesaikan pertanyaan ini karena saya seperti kebanyakan dari anda juga sudah lama menanti uskup wanita di Gereja Inggris," ujarnya.

Orator pro-wanita mengklaim momen ini akan mengabadikan diskriminasi wanita dalam hukum yang oleh karenanya membahayakan jika memilih bersamaan dengan para pemegang nilai tradisional.

Surat kabar The Guardian mengatakan bahwa Williams memiliki hati progresif namun menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang pluralis dan liberal. Keinginannya untuk menghormati tiap opini religius terlihat saat ia meninggalkan diskusi sebelum menemukan kesimpulan dari argumen yang ada.

Legislatif butuh dua pertiga suara di tiga Badan Musyawarah Gereja, pendeta, kaum awam, dan uskup, agar usulan iut bisa disetujui.

Jika hasil akhir telah keluar, maka usulan akan masuk ke Dewan Perwakilan sebelum menerima persetujuan kerajaan, memberikan jalan untuk uskup wanita terpilih pada 2014.

Gereja Inggris, gereja yang didirikan secara resmi di Inggris, memilih untuk membentuk pastur wanita pada 1992 dan sekarang mereka berjumlah sepertiga dari pastur. (YahooNews)