Tuesday 3 July 2012

Tuesday, July 03, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Siasati Pemadaman Listrik Saat Sidang Sinode Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) ke 56, PLN Nias Siapkan Generator.
LAHOMI (SUMUT) — Untuk menyiasati listrik padam, PT PLN Cabang Nias menyiapkan sebuah generator set selama pelaksanaan Sidang Sinode ke-56 Banua Niha Keriso Protestan (BNKP), di Gereja BNKP Onolimbu, Kecamatan Lahömi, Nias Barat, 3-8 Juli 2012.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Sinode BNKP Atozisökhi Daeli kepada NBC, Senin (02/07/2012). “PLN sudah menyiapkan sebuah genset bila sewaktu-waktu listrik dari PLN padam,” ujarnya.

Pantauan NBC, pada Selasa (03/07/2012) pagi, gedung gereja tempat sidang sudah disiapkan panitia. Di sebelah kanan gedung telah dibangun tenda untuk tempat makan para peserta. Demikian juga di sebelah kiri gedung, tempat parkir yang cukup lapang juga sudah disiapkan panitia.

Sementara itu untuk toilet, panitia juga telah menyediakan 4 pintu di belakang gedung. “Yang masih sulit adalah penyediaan air bersih. Kami sudah meminta bantuan dari Polres Nias untuk menyediakan mobil tangki air bersih. Pemkab Nias sudah menyediakan satu mobil tangki untuk keperluan pasokan air bersih bagi peserta,” ujar Atozisökhi. Seperti diketahui, daerah Lahömi, Nias Barat, merupakan salah satu daerah yang krisis air bersih.

Adapun untuk penginapan di rumah-rumah penduduk, panitia telah menentukan dan membagi nama-nama peserta berikut nama rumah tempat mereka menginap. Pantauan NBC, pembagian tempat menginap itu ditempelkan di papan pengumuman di tempat sidang. “Peserta tidak kesulitan untuk mencari tempat penginapan, kami sudah menentukan,” ujar salah seorang panitia kepada NBC.
<b>
Jalan Rusak Sudah Diperbaiki</b>
Menyambut berlangsungnya sidang sinode, baik ONKP maupun BNKP, Pemerintah Nias Barat telah memperbaiki jalan rusak di sepanjang Jalan Onolimbu hingga Simpang Simae’asi menuju Desa Onolimbu, Lahömi. Sejumlah titik jalan yang rusak kini sudah mulus dan bisa dilalui dengan nyaman oleh para peserta sidang sinode yang akan dihadiri oleh pejabat dari Provinsi Sumatera Utara itu.

Menurut informasi dari panitia, peserta sidang Sinode BNKP sebanyak 260 orang. “Namun, kami perkirakan yang hadir pada pembukaan bisa mencapai ribuan orang. Jemaat BNKP antusias untuk menyaksikan pembukan Sinode ke-56 BNKP,” ujar Atozisökhi.

Sejak pagi, panitia sudah mulai sibuk menerima pendaftaran para peserta sidang. Pembukaan akan dilakukan pada Selasa pukul 14.00 yang akan dihadiri oleh kelima kepala pemerintahan di Pulau Nias. (NiasBangkit)