Sunday 19 August 2012

Sunday, August 19, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Bukti Toleransi! Hargai Umat Muslim Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jemaat Katedral Jakarta Ibadah Minggu Siang Hari.
JAKARTA - Perayaan Idul Fitri 1433 Hijriyah yang berlangsung pada hari Minggu (19/08/2012) bertepatan dengan kegiatan rutin peribadatan umat Kristiani.

Namun tolenrasi antarumat beragama ditunjukkan di hari yang fitri ini. Umat Kristiani mengundur jadwal ibadat mereka, untuk memberi ruang gerak lebih luas bagi umat muslim yang akan salat Idul Fitri.

Hal itu terlihat dalam suasana salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Lokasi Masjid Istiqlal berdekatan dengan Gereja Katedral. Penuhnya warga yang membawa kendaraan pribadi ke masjid, membuat halaman parkir masjid tidak dapat menampung kendaraan tamu. Halaman Gereja Katedral pun dibuka untuk dijadikan tempat parkir warga muslim yang ingin salat Ied.

Romo Brata Kartana, pemimpin ibadat Gereja Katedral, mengatakan, setiap Idul Fitri memang Gereja Katedral selalu membuka pintu halaman untuk menampung kendaraan pribadi muslim yang akan solat Ied di Masjid Istiqlal.

Itu sebagai bukti adanya toleransi antarumat beragama yang memang harus ditegakkan demi terjaganya suasana yang aman. Umat Kristiani dan Katolik yang biasa beribadat pada Minggu pagi pun mengganti jam waktu beribadat mereka menjadi siang. (MetroTV)