Wednesday 29 August 2012

Wednesday, August 29, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja Persekutuan Pemberitaan Injil Kristus (GPPIK) Laksanakan Penyegaran Rohani Pemuda (PRP) Tahun 2012.
NGABANG (KALBAR) - Penyegaran Rohani Pemuda (PRP) merupakan agenda rutinitas tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pemuda dibawah naungan Badan Pimpinan Pusat Gereja Persekutuan Pemberitaan Injil Kristus (GPPIK) Kalimantan Barat.

Pelaksanaan PRP tahun 2012 di GPPIK Maranatah Antan berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya karena diselenggarakan di gedung gereja yang megah, tetapi kali ini PRP diselenggarakan dibawah tenda yang sangat sederhana.

Badan Pimpinan Jemaat (BPJ) Gereja PPIK Maranata Antan Anyan menyatakan, Gereja Maranata Antan dibangun puluhan tahun silam karena letaknya didesa yang hanya berkapasitas 200 orang, sedangkan peserta PRP  ribuan orang sudah pasti tidak tertampung diruangan gereja.

“Setelah ditunjuk  sebagai tuan rumah penyelenggara PRP tahun 2012 merupakan tanggung jawab moral demi suksesnya acara PRP di gereja kami sebagai tuan rumah.  Kami pengurus BPJ dan Gembala serta anggota jemaat bersepekat membuat tenda dengan pondasi dan luas yang bisa menampung ribuan orang yang nantinya direncanakan untuk membangun gedung gereja yang baru,” katanya.

Ketua Departemen Pemuda GPPIK Kalimantan Barat Herman Susilo,A.Md mengatakan Penyegaran Rohani Pemuda merupakan ajang pertemuan para pemuda-pemudi seluruh Gereja PPIK se-Kalimantan Barat dalam upaya meningkatkan iman serta mendekatkan diri kepada Tuhan dalam mengisi hari-hari liburan ketimbang pergi ketempat karaoke,pasar malam atau minuman keras lebih baik mengikuti acara ke-Agamaan yang berbau Rohani,PRP tahun 2012 mengangkat tema ,”Pergi’B’ritakanlah”, (matius 10:6-7) sub tema,”Bangga, berpikir untuk PPIK yang Visioner,missioner dan modern bagi pembaharuan Indonesia.”

Kegiatan PRP yang dilakukan setiap tahun dengan diawasi Badan Pimpinan Pusat (BPP) dan dilaksanakan secara bergantian berdasarkan hasil keputusan rapat Departemen Pemuda Gereja PPIK,tahun 2011 lalu di Gereja PPIK Baitani Ansang,tahun 2012 ini di gereja PPIK Maranatha Antan dan hasil rapat Departemen Pemuda bersama DPP tuan rumah PRP tahun 2013 yang akan datang dilaksanakan di Gereja PPIK Emaus Batang Tarang Kabupaten Sanggau,” kata Herman Susilo.

Sementara Ketua umum Badan Pimpinan Pusat (BPP) Gereja PPIK Kalimantan Barat Pdt.Suharno Sulen Dip.Th sebelum menutup acara PRP GPPIK Kalimantan Barat tahun 2012 mengatakan pemuda diharapkan jadi pemuda yang kreatif,inovatif, cerdas dan bertidak cepat; karena gereja sangat membutuhkan kehadiran pemuda digereja masing-masing”.

“Maju mundurnya gereja terletak ditangan pemuda dari gereja itu sendiri. Itu sebabnya sebagai sebuah mediasi kaum muda gereja PPIK, Badan Pimpinan Pusat yang oleh sidang umum Gereja PPIK merancang dan menetapkan adanya beberapa departemen salah satunya adalah Departemen Pemuda.

“BPP telah merumuskan beberapa tujuan penting Departemen Pemuda antara lain: menggali dan membangun; potensi dan kwalitas pemuda sebagai generasi penerus dalam pertumbuhan dan pelayanan terutama di lingkungan GPPIK, sebagai forum terbuka kepemudaan dalam menyikapi perkembangan zaman dan era globalisasi dan merupakan ajang kerohanian kepada pemuda sehingga menjadi pemuda-pemudi yang memiliki karakter yang berkepribadian yang kokoh sebagai pemuda Kristen yang takut akan Tuhan,” tambah Suharno. (PontianakPost)